12 Negara Paling Bike Friendly!

Bersepeda belakangan ini menjadi tren di masyarakat Indonesia. Tidak hanya bersepeda saja, tetapi olahraga seperti lari pun juga jadi ngetren. Kali ini, Pizna punya daftar 12 negara yang penduduknya banyak sekali menggunakan sepeda untuk bepergian keliling kota.

1. Amsterdam

Di kota ini, bahkan terdapat jalur khusus serta parkir untuk sepeda. Bahkan, populasi sepeda disini bisa-bisa lebih banyak daripada jumlah penduduk di kota tersebut. Semua kalangan masyarakat, mulai dari kalangan bawah sampai ke atas sangat suka naik sepeda untuk bepergian kemana-mana.

2. Copenhagen

35% penduduk di negara ini menggunakan sepeda untuk pergi bekerja maupun ke sekolah. Sama seperti Amsterdam, sudah tersedia jalur khusus untuk sepeda dan kondisi infrastrukturnya pun sangat mendukung untuk bersepeda.

3. Berlin

Berlin memang memiliki mode transportasi sangat lengkap, mulai dari teknologi sangat canggih hingga sepeda yang sederhana. Nantinya, akan terdapat sistem berbagi sepeda bagi mereka yang masih tidak sanggup untuk membayar pajak serta membeli sepeda.

4. Tokyo

Jalan-jalan di tokyo akan menjadi menyenangkan jika menaiki sepeda. Pasalnya, di Tokyo banyak terdapat taman-taman dimana kamu bisa menikmati pemandangan indah sambil bersepda. 

5. Montreal

Coba lihatlah, betapa menyenangkannya bersepeda dibawah pepohonan rindang melewati taman. Kamu akan terbebas dari polusi dan dapat olahraga sekaligus menghirup udara segar dari sepedamu.

6. Rio de Janeiro

Brazil memang sudah menyediakan berbagai mode transportasi cukup terjangkau bagi penduduk serta wisatawan yang berkunjung ke Brazil. Lagipula, Brazil memang sedang gencar-gencarnya untuk mempromosikan penggunaan sepeda di kota tersebut.

7. Barcelona

Turis tidak perlu khawatir jika berkendara memakai sepeda, karena rute-rute telah disediakan sangat jelas dan khusus bagi para pengguna sepeda. Bahkan, ada juga sebuah tur menggunakan sepeda yang ditawarkan oleh agen travel setempat.

8. Budapest

Semakin banyak masyarakat Budapest yang beralih untuk menggunakan sepeda karena lebih mudah serta mengurangi polusi yang ada di jalan.

9. Paris

Ditemani oleh pemandangan kontemporer nan romantis, tentu merupakan pilihan sangat tepat bagimu untuk berkeliling di Paris menggunakan sepeda. Apalagi kalau kamu berkunjung ke Paris bersama kekasih. Wah, romantis banget deh!

10. Beijing

Daridulu, Beijing sudah terkenal sekali dengan para pesepedanya. Sayang sekali, karena semakin banyak alternatif transportasi lain, jumlah pengguna sepeda agak berkurang. Tetapi, Beijing masih sangat bike friendly, kok!

11. Portland

Meskipun termasuk negara maju di Amerika,namun masih banyak penduduk Portland yang memakai sepeda untuk bepergian ke kantor. 

12. Bogota

Di Bogota, lalu lintasnya sungguh ruwet sampai akhirnya pada tahun 2013 diperkenalkan sebuah jalan khusus untuk akses sepeda. Pihak Bogota pun semakin berpromosi besar-besaran untuk menggunakan sepeda daripada mobil untuk mengurangi kemacetan.
[Megan Faustine]

Scroll To Top