12 Hal ini Harus Kamu Lakukan Ketika Kamu Berada di Kawah Ijen

Kawah ijen memang memiliki daya tarik tersendiri sehingga diminati oleh banyak orang. Ngga heran kalau banyak banget wisatawan mancanegara yang juga ikut berbondong-bondong datang ke sana dan bahkan jumlah mereka lebih banyak daripada wisatawan lokal.

Tapi tau ngga sih apa aja yang bisa kamu lakukan saat berada di ijen? Nih Pizna kasih tau apa aja yang harus kamu lakukan ketika kamu berada di ijen biar buat wisatamu makin seru. Ayo chek!


Lihat Sunrise


Nunggu munculnya matahari terbit a.k.a sunrise memang ada suka dan dukanya guys. Kenapa? karena waktu di kawah ijen, Pizna nunggu sunrisenya sejak jam setengah lima pagi dan cuacanya kurang bersahabat alias hujan. Tapi rasa kesel Pizna kebayar pas lihat amazing'nya matahari yang mulai terbit dari ufuk timur, meskipun agak lama dari biasanya karena cuaca kurang mendukung.


Hunting Blue Fire

Foto ini asli diambli oleh temen Pizna saat kami ke kawah ijen

Alasan utama kamu datang ke kawah ijen pasti karena Blue Fire kan? Api biru menjilat-jilat yang selama ini cuma bisa kamu lihat di kompor sekarang bisa kamu lihat secara langsung. Pizna sudah lihat dengan mata kepala sendiri dan aslinya itu "Wow" banget, beda dengan di dalam foto. Api biru dengan sulur-sulur yang seperti hidup dan menjilat-jilat akan memanjakan mata kamu dan membuat kamu berdecak kagum. Kalau kamu ngga percaya datang aja ke kawah ijen.


Ngumpet di Cerukan (Dingin)


Nah, waktu Pizna ke kawah ijen nih guys, gerimis terus dan hawanya tuh dingin banget. Jadi pas sampe di atas, yang pertama kali Pizna cari adalah cerukan di tanah yang retak-retak aka lubang. Yaudah, Pizna ngumpet deh di situ sampe diajak temen untuk turun ke kawah.


Mendaki Puncak


Sayang banget kalau kamu udah di ijen cuma turun ke kawah terus balik lagi ke pos. Kamu harus ngedaki puncak yang paling tinggi juga dong. Karena dari sana viewnya bagus banget, semuanya kelihatan jelas, termasuk kawah, gunung, bukit, dan hutan sekitarnya. Sayangnya ngga banyak orang yang mau naik di dataran paling tinggi ijen ini, ngga tahu kenapa.


 Turun ke Kawah


Pizna ngga nyarankan kamu untuk berenang di dalam kawah ijen lho guys. Tapi kalau kamu ingin melihat eksotisme blu fire kamu harus turun ke bawah meskipun jalannya terjal dan asap belerangnya buat kamu tersedak.


Melihat Tempat Penambangan Belerang


Kalau selama ini kamu cuma ngelihat perjuangan mereka yang bertaruh dengan nyawa di TV. Maka ketika datang ke kawah ijen kamu bisa menyaksikan secara langsung tempat di mana penambangan belerang itu dilakukan. Pokoknya so sad banget kalau ngelihat bapak-bapak yang pada kurus itu mikul belerang ngelewati jalanan yang curam sejauh 4 km (3km untuk mendaki, 1km untuk turun ke kawah).


Duduk Berdempetan


Nah, naik ke ijen bareng temen-temen bakalan ngebuat persahabatan kalian jadi lebih akrab. Kok bisa? Udara yang dingin jelas menjadi salah satu faktornya. Untuk menghalau udara dingin, berdempet-dempetan akan menjadi alternatif pertama yang akan menolong kamu. Berdempetan sambil ngerumpi kan lebih asik. Gimana menurutmu?


Foto Narsis


Nah, kamu diharuskan untuk foto narsis di kawah ijen. Kenapa? Karena selain kamu udah ngedaki setinggi 3km, masa kamu ngga dapet apa-apa? Oh ya, di kawah ijen tuh kan rame banget turis asing alias bulenya, kamu bisa foto narsis bareng mereka juga guys.


Merenung


Mau tahu apa yang paling Pizna sukai setelah naik dari kawah? Merenung. Ya, pizna seneng banget duduk di puncak sambil merenung, jadi berasa dunia milik sendiri. Hahaha.


Jadi wartawan


Yang ngebuat temen Pizna kesel ketika di ijen adalah saya suka menginterview para penambang belerang yang sedang istirahat. Mereka ngatain Pizna wartawan karena Pizna kalau nanya tuh sampe lama, bahkan kalau ngga dipanggil mungkin Pizna bakalan ngobrol selama-lamanya hahaha.


Singgah di Toilet Eksklusif


Kalau kamu mendaki puncak kawah ijen, kamu ngga boleh menyia-nyiakan kesempatan untuk singgah di toilet eksklusif yang hanya ada di pos 5 dan hanya berjumlah dua ini. Kenapa Pizna bilang eksklusif? Karena toilet di ijen cuma ada 2 dan hanya ada di pos 5 dan yang parahnya lagi karena toilet itu kotor dan sering ngga ada airnya. Jadi selamat menikmati.


Bukit Bintang


Kalau menikmati ijen pada malam hari, maka kamu akan melihat kerlap-kerlip lampu kehidupan di Banyuwangi dari sana. Jadi ngga hanya di Jogja atau Bandung aja kamu bisa menikmati pemandangan eksotis bukit bintang, di ijen juga ada guys.

By: Desy L

Scroll To Top