12 Fakta Tentang Menara Eiffel

Jadi, guys? Apa saja yang kalian ketahui tentang menara Eiffel selain bahwa itu terletak di kota Paris, Perancis? Apa kalian hanya menganggap Eiffel adalah tempat yang bagus? romantis?

Nah, mari kita bedah berbagai fakta tersembunyi tentang menara Eiffel yang tidak kalian ketahui. Chek it out!


Asal Mula Pembangunan Eiffel


Menara Eiffel dibangun pada tahun 1889 untuk pameran Paris di tahun yang sama dan tidak dimaksudkan untuk menjadi permanen.


Pembongkaran Eiffel


Pada tahun 1909, menara Eiffel akan dibongkar, namun diselamatkan dengan perubahan fungsinya sebagai antena radio raksasa.


Pengunjung Eiffel


Menara Eiffel adalah monumen berbayar yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan dunia di tahun 2011. Orang yang mengunjunginya sebanyak 6.980.000 orang lho.
Banyak banget kan?


Cerita Eiffel dan Hitler


Selama masa perang dunia II, ketika Hitler datang mengunjungi Paris, Orang Perancis memotong kabel lift di menara Eiffel sehingga Hitler harus menaiki tangga jika ia ingin mencapai puncak. Wah, kasian sekali ya, Hitler?


Eiffel Dijual


Victor Lustig, seorang artis, ia ingin menjual menara Eiffel kepada seorang pedagang besi tua. Oh my Lord.....


Eiffel Ditolak Spanyol


Pada awalnya, pembangunan menara Eiffel ditujukan untuk Barcelona, Spanyol. Namun proyek itu ditolak.
Wah, pasti Spanyol sangat menyesal ya karena pernah menolak pembangunan proyek ini?


Perubahan Ketinggian Eiffel


Well, sebenernya ketinggian menara Eiffel itu bervariasi sebesar 5,9 inci alias 15cm karena perubahan suhu lho guys.


Eiffel Pernah Memakan Korban


Seorang penemu bernama Franz Reichelt, tewas dengan melompat dari menara Eiffel saat uji coba parasut yang ia desain sendiri.

Well, kalau kalian memutuskan untuk menjadi seorang penemu, sebaiknya temukan saja hal-hal yang mudah. Misalnya batu di dalam nasi bungkus "Hahaha".


Berapa Langkah Untuk Mencapai Puncak?


Nah, untuk sampai di puncak menara Eiffel, kalian membutuhkan 1,665 langkah untuk bisa sampai di puncak, guys. Kalau kamu adalah anak manja, maka tidak ada odong-odong yang akan membawa kamu sampai ke puncaknya.


Menikah di Eiffel


Jika kamu adalah satu dari sekian orang yang bermimpi untuk menikah di menara Eiffel, maka kamu bisa mengikuti jejak langkah seorang perempuan bernama Erika La, yang menikah di menara Eiffel pada tahun 2007.

Silahkan hubungi perempuan itu jika kalian ingin tahu cerita detailnya. Ok?


Jumlah Bola Lampu di Menara Eiffel


Jadi, ada 20.000 buah bola lampu yang dipasang di menara Eiffel, guys. Kalau kamu nggak percaya, coba aja hitung sendiri.


Replika Menara Eiffel


Nah, ada lebih dari 30 buah replika Menara Eiffel yang tersebar di seluruh dunia, guys. Jadi ketika kamu pergi ke luar negeri, mungkin kamu akan melihat Eiffel di negara tersebut.

Namun, yang asli tetap ada di kota Paris, Perancis, kecuali kalau sekarang Eiffel sudah bisa diangkut dengan pesawat untuk pindah tempat dan diajak jalan-jalan.

Oleh: Desy L

Scroll To Top