10 Tempat WAJIB Dikunjungi di Bulan Januari

Sebagai seorang taveler, tentu kamu tidak ingin salah waktu ketika mengunjungi tempat-tempat wisata, bukan? Nah, mumpung ini bulan Desember dan sebentar lagi liburan, Pizna punya informasi tempat-tempat yang oke banget nih kalau dikunjungi di bulan Januari. Yuk, rancang liburan kamu dari sekarang!

1. Festival Es di Harbin

Festival ini dijalankan selama satu bulan penuh dan bertempat di Harbin, China Utar. Disini, kamu dapat melihat berbagai patung yang begitu unik bewarna warni, dan semuanya terbuat dari es. Pada malam hari, akan terdapat lampu-lampu yang menyinari patung tersebut, membuatnya terlihat semakin indah. Tempat ini adalah sebuah festival es terbesar yang ada di dunia.

2. Festival Film Internasional Tromso

Terdapat lebih dari 300 film yang akan diputarkan di festival film terbesar diseluruh dunia ini. Tromso sendiri berlokasi di Arctic dan biasanya terdapat 7 layar yang salah satu layar terbesarnya dipasang diluar ruangan dengan udara cukup dingin. Sebagai bonus, kamu dapat menyaksikan aurora jika cukup beruntung di langit Tromso

3. Cebu City Sinulog

Festival ini adlaah sebuah perayaan untuk keyakinan serta kebudayaan yang dilaksanakan selama 9 hari berturut-turut di Filipina. Festival tersebut dimulai pada minggu ketiga di bulan Januari. Kamu bisa menikmati tarian tradisional, musik, serta melihat kostum tradisional yang begitu unik.

4. Festival Film Sundance Utah

Ditemukan pada tahun 1978 oleh Robert Redford, ini adalah sebuah festival rutin di bulan Januari untuk menarik para produser film untuk mengambil atau memproduksi karya-karya dari artis bertalenta yang ikut dalam festival tersebut. 

5. Ice Hotel

Di bulan Januari, Ice Hotel di Swedia, atau tepatnya di desa Jukkasjarvi beroperasi. Seluruh dekorasi mulai dari kursi, tempat tidur, dan lainnya terbuat dari es. 

6. Monarch Butterfly

Di bulan Januari, kupu-kupu mulai bermigrasi di wilayah Meksiko. Ini adalah salah satu kegiatan yang sangat spektakular dan wajib dilihat oleh para turis. Langit akan dipenuhi oleh kupu-kupu yang bewarna sangat cantik.

7. Up Helly Aa, Pulau Lerwick Shetland

Ini adalah sebuah pesta api dan merupakan tradisi dari suku Nordic di kepulauan terpencil yaitu Shetland. Festival ini dilaksanakan pada hari Selasa terakhir di bulan Januari dan memakan waktu seharian penuh untuk melaksanakannya.

8. Rideau Canal Skateway

Di musim panas, ini adalah sebuah kanal yang memisahkan daerah pusat kota Ottawa. Jika kamu mengunjungi di musim dingin atau salju, maka kanal tersebut berubah menjadi sebuah tempat iceskating yang sangat luas dan indah. 

9. Australia Day

Tanggal 26 Januari adalah sebuah hari libur nasional di Benua Australia sejak tahun 1995. Banyak perayaan yang diadakan pada tanggal tersebut, jadi bulan Januari adalah saat yang sangat tepat jika kamu ingin menikmati dan tahu seputar perayaan-perayaan tersebut.

10. Karnaval Pasto de Negros y Blancos

Karnaval ini terletak di Pasto, Kolombia. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, artinya ini adalah sebuah festival hitam dan putih, dan merupakan salah satu festival tertua di Amerika Selatan, dan biasanya dimulai pada 4 Januari. Kemudian tanggal 5 Januari, semua partisipan akan memakai tinta hitam, kemudian tanggal 6, partisipan akan saling menuangkan bedak tabur bewarna putih satu sama lain. Terdapat juga sebuah parade besar yang sangat meriah dan penuh warna di festival ini.
[Megan Faustine]

Scroll To Top