10 Pulau Ekosistem Paling Indah di Dunia

Begitu banyak flora dan fauna yang tersebar di seluruh dunia. Namun, kedatangan manusia memang membuat tempat tinggal mereka semakin menyusut, bahkan benar-benar hilang. Berikut inilah daftar 10 ekosistem yang masih terjaga dan terawat diseluruh dunia, dan setidaknya masih belum banyak tersentuh serta dieksploitasi oleh manusia.

1. Galapagos Islands

Tempat ini adalah sebuah pulau kecil yang berlokasi di Ekuador. Terdapat total 15 pulau utama ditempat tersebut, dengan 3 kepulauan kecil serta 107 bebatuan cukup besar tersebar disekitarnya. Disini, kamu bisa melihat anjing laut, pinguin, iguana, dan berbagai tipe spesies burung yang hidup bebas. Tetapi, kamu tidak bisa berkelana sembarangan dan harus ditemani oleh seorang guide selama berada di pulau tersebut.

2. Taman Nasional Komodo

Siapa yang tidak tahu mengenai pulau ini? Wah, jika kamu tidak tahu, jangan ngaku sebagai orang Indonesia yang baik deh sobat Pizna! Taman Nasional Komodo ini berlokasi di Indonesia, di daerah kepulauan Sunda. Sesuai dengan namanya, yaitu Komodo, di Pulau ini kamu bisa melihat banyak sekali komodo yang merupakan jenis kadal terbesar diseluruh dunia.

3. Socotra

Ekosistem tidak melulu soal binatang, kawan. Terdapat Socotra, atau dikenal juga dengan nama Soqotra,  yang merupakan sebuah kepulauan kecil terletak di lepas pantai Yemen. Terdapat lebih dari 300 spesies tumbuhan ditempat tersebut yang tidak dapat ditemukan di tempat lain. Oleh karena itulah, tempat ini dikatakan juga sebagai tempat makhluk asing di bumi. 

4. Christmas Island

Eits, ini bukan pulau yang dipenuhi oleh hiasan Natal, ya! Pulau yang terletak di daerah Benua Australia, diantara Samudera Hindia ini menjadi tempat tinggal bagi berbagai macam flora dan fauna. Salah satu yang paling besar populasinya adalah kepiting. Kononnya sih, terdapat 120 juta kepiting yang hidup di pulau tersebut. 

5. Gunung Roraima

Terletak di dataran tinggi Guiana, Amerika Selatan, ditempat ini kamu bisa menemukan aneka spesies tumbuh-tumbuhan dan juga spesies tumbuhan unik. Gunung ini juga menjadi terkenal sejak tahun 1912 ketika terdapat buku novel fiksi yang berjudul The Lost World. 

6. Pulau Ogasawara

Pulau ini masih belum banyak disentuh oleh manusia dan kurang lebih terdapat 17,000 turis yang mengunjungi pulau tersebut. Pulau Ogasawara masih terdaftar di wilayah Tokyo, namun terletak kurang lebih 1,000 kilometer dari Tokyo bagian Selatan.

7. Gunung Bosavi

Gunung Bosavi ini adalah gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi di daerah Papua Nugini. Terdapat setidaknya 40 spesies yang masih belum dikenali yang hidup di area dalam Gunung serta hutan Bosavi. Bahkan, terdapat beberapa spesies 200,000 tahun lalu yang masih ada keturunannya di tempat ini.

8. Pulau Lord Howe

Australia juga mempunyai sebuah ekosistem yang terletak dekat Laut Tasman. Disini bisa ditemui flora dan fauna yang masih begitu terawat dan hidup dengan bebas. Ditempat ini terrdapat populasi manusia sebanyak 350 orang saja. Hanya 400 turis yang diperbolehkan untuk menjelajah dalam sekali kunjungan.

9. Sir Bani Yas

Di tempat yang dilestarikan oleh Sheikh Zayet, mantan pemimpin Negara Arab ini, kamu dapat menemukan aneka spesies rusa, jerapah, unta, dan juga aneka tumbuhan. Populasi paling banyak adalah kijang arab, terutama antelop yang sudah cukup jarang ditemui di negara lain.

10. Pulau Mona

Pulau ini terletak ditengah-tengah laut dan masih termasuk dalam bagian administratif dari Puerto Rico. Pulau ini disebut-sebut sebagai pulau Galapagos yang terletak di tengah laut. Spesies paling spesial disini adalah iguana mona, yang tentunya tak dapat ditemukan di manapun di dunia ini. 
[Megan Faustine]

Scroll To Top