10 Pemandangan Canyon Paling Menakjubkan

Tidak seperti Grand Canyon yang begitu luas, Canyon yang dibahas disini adalah seputar Slot Canyon yang biasanya sangat dalam, namun skala atau tempatnya begitu sempit. Yang paling unik nih, slot canyon biasanya terbentuk dari erusi laut selama bertahun-tahun, bahkan sampai jutaan lalu.

1. Antelope

Terdapat 2 tipe slot canyon disini, yaitu bagian atas, atau biasanya disebut sebagai retakan, dan juga pada bagian bawah. Keduanya terletak di lokasi yang sama dan masih termasuk dalam kepemilikan suku Navajo di Arizona Utara. Jika mau menjelajahi Slot Canyon ini, para turis harus mengantongi ijin dari suku Navajo dan harus ikut tur. Pemandangan Slot Canyon ini memang indah, namun tetap saja perlu berhati-hati. Pada tahun 1997, pernah terjadi banjir bandang dibagian bawah Slot Canyon yang menewaskan 11 turis.

2. Siq Canyon

Apabila para turis ingin sampai ke Petra di Jordan Selatan, maka mereka harus melewati Slot Canyon yang satu ini. Tidak seperti slot canyon lain yang umumnya terbentuk melalui erusi air, tempat ini terbentuk melalui tekanan tenaga tektonik. 

3. Subway

Kamu dapat menyaksikan transofrmasi bebatuan yang begitu spektakular serta sangat unik pada jalan bebatuan di slot canyon tersebut. Bersiaplah untuk trekking selama 7 sampai 9 jam penuh dan berenang melalui perairan dingin, jalan mendaki, serta berbagai rintangan lainnya. Tidak ada jalanan yang pasti disini, namun tenang saja, kamu dapat menggunakan GPS disini untuk menemukan jalan.

4. Echidna Chasm

Kamu harus mendaki kurang lebih 2 kilometer untuk mencapai tempat ini. Jika sinar mataharinya pas, maka kamu bisa melihat perubahan-perubahan warna di bebatuan pada slot canyon ini. Terletak di Gunung Bungle Bungle, Australia Barat, Echidna Chasm dikatakan sebagai tempat hiking favorit bagi para turis.

5. Buckskin Gulch

Terletak di Utah Selatan, slot canyon ini adalah yang terpanjang dan terdalam di seluruh dunia, dan menerima banyak sekali turis setiap tahunnya. Apabila mau mendaki disini, jangan melakukannya saat musim panas karena bisa saja terdapat banjir bandang dan medannya berbahaya. Pada musim apapun, bersiaplah untuk berenang di wilayah tertentu. Tenang saja, seluruh perjuanganmu terbayarkan dengan pemandangan yang tentu saja sangat memukau.

6. Weano Gorge

Lagi-lagi sebuah slot canyon di Australia bagian Barat selain Echidna Chasm. Pada awal perjalanan, medannya sangat mudah dan ringan, sampai kamu menemukan sebuah tebing yang cukup curam dan jalanan berubah menjadi sangat sempit. Kamu dapat melihat berbagai perubahan warna bebatuan yang sangat indah dan cerah di tempat ini.

7. Spooky Gulch

Bagi kamu yang memiliki klaustrofobia atau fobia ruang sempit, mungkin slot canyon satu ini kurang cocok untukmu. Pasalnya, banyak sekali tempat-tempat sempit disekitar tempat ini, serta beberapa lokasi terletak cukup dalam dan gelap. 

8. Gorges du Fier

Berada di Perancis, 10 kilometer dari wilayah Annecy, slot canyon ini cukup mudah untuk dikunjungi serta dilewati, karena sudah terdapat sebuah jembatan buatan manusia yang dapat dilewati. Dibawah, kamu bisa menikmati pemandangan sungai dengan alirannya yang cukup deras.

9. Coloured Canyon

Slot canyon yang terletak di Mesir Sinai Peninsula ini memang memiliki warna serta bentuk yang begitu unik, mencerminkan namanya, yaitu penuh warna. 

10. Oneonta Gorge

Terdapat 4 air terjun yang dapat kamu nikmati disini. Selain itu, kamu juga akan melewati slot canyon yang sudah terbentuk mulai 25 juta tahun lalu karena transformasi bebatuan ditempat tersebut. Jika ingin mendaki di tempat ini, pilihlah hari biasa supaya tidak ramai dipenuhi pengunjung.
[Megan Faustine]

Scroll To Top