[WOW] Kisah Menarik Dibalik Nama-nama Negara

Biasanya pemberian nama suatu tempat diambil dari nama si penemu tempat tersebut atau peristiwa yang terjadi di tempat tersebut. Mungkin kamu belum banyak yang tau kalau beberapa negara di dunia mendapatkan namanya lewat kisah yang unik sekaligus menarik untuk disimak. Untuk menambah pengetahuanmu tentang sejarah dunia, yuk sama-sama kita simak bagaimana sebuah negara mendapatkan namanya:

1. Cina/Tiongkok

Ada pendapat yang mengatakan bahwa “Cina” diambil dari raja pertama dinasti Qin yaitu Qin Shin Huangdi. Kata “Qin” dalam bahasa setempat dilafalkan sebagai “chin”. Tiongkok juga dikenal dengan nama “Zongguo” yang berarti “Pusat Kerajaan”. Orang-orang Tiongkok meyakini bahwa negeri ini adalah pusat dari pertemuan antara langit dan bumi.

2. Armenia

Sejarah pemberian nama ini berkaitan dengan kisah putra nabi Nuh yang bernama “Hayk”. Hayk diyakini sebagai orang yang pertama menjejakkan kaki di tanah tersebut. Armenia sendiri diambil dari “Aram”, keturunan Hayk yang dianggap sebagai nenek moyang orang-orang Armenia.

3. Nauru

Ini adalah salah satu pulau di wilayah Pasifik. Nauru diambil dari bahasa setempat “Anaoero” yang artinya “saya pergi ke pantai”. Tidak heran karena Nauru terkenal dengan pantai-pantainya yang indah sebagai tujuan wisata.

4. Argentina

Diambil dari frasa “Tierra Argentina” sedangkan “Argentina” sendiri adalah sebutan lain untuk perak dalam bahasa Spanyol. Nama ini diberikan oleh Francisco de Torres, seorang penjelajah asal Spanyol yang mendapatkan cinderamata perak dari penduduk asli wilayah Argentina.

 5. Chile



Chilli diambil dari bahasa Mapuche (penduduk asli yang mendiami wilayah Chile dan Argentina) yang artinya “akhir daratan”. Hal tersebut merujuk kepada Chile yang berbatasan langsung dengan lautan samudera pasifik.

6. Moldova

Diambil dari anjing bernama Molda milik pangeran Roma bernama Dragos—bukan Francesco Totti ya plis. Dikisahkan Dragos sedang berburu bison dan Molda membantu perburuan tersebut dengan ikut bertarung melawan sang bison. Si bison mati, begitu juga dengan Molda. Untuk mengenangnya, tempat tersebut dinamai serupa dengan nama anjingnya.

7. Kanada

Penjelajah Perancis, Jaques Cartier mendengar “Kanata” dari orang-orang pribumi untuk mengistilahkan kumpulan desa-desa yang akan mereka tuju. Namun Cartier sepertinya salah dengar dan mengira bahwa “Canada” adalah nama daerah tersebut.

8. Pakistan

Nama Pakistan selain merupakan sebuah kata dari bahasa Urdu yang berarti “tanah murni” ternyata juga merupakan sebuah akronim loh. Choudy Ramat Ali, seorang nasionalis pada tanggal 28 Januari 1933 menulis tentang jutaan rakyat multi etnis yang mendambakan kemerdekaan. Etnis tersebut berasal dari antara lain, Punjab, Afghanistan, Kashmir, Sind dan Baluchistan. Dari situlah akronim Pakistan tercetus.

Ditulis Oleh Satrio Rizki Dharma

Scroll To Top