Suka Duka Fans JKT48 dan Hal Unik yang Mengejutkanmu

Nama JKT48 tentunya sudah sangat familiar bagi banyak orang di indonesia khususnya remaja baik itu pria maupun wanita. JKT48 merupakan satu Idol Group yang dibentuk di Indonesia mengikuti konsep dari Idol Group asal Jepang AKB48. 

Dibentuk pada tahun 2011, grup ini merupakan yang pertama menjadi adik dari AKB48 namun berada di luar Jepang. Sang produser menganggap bahwa pasar di indonesia sangat terbuka untuk Idol Group seperti JKT48 sehingga diputuskan untuk membawa konsep AKB48 ke Indonesia dengan bekerja sama dengan MNC. 

Konsep "idols you can meet" dibuat semirip mungkin dengan AKB48 sampai dibuatnya satu lokasi untuk tampil dalam periode harian untuk para fans yang ingin lebih dekat dengan JKT48.



Yang namanya sebuah grup dalam dunia hiburan entah itu grup band, grup lawak, atau grup penyanyi, pasti akan mempunyai fans atau penggemar yang tentunya akan selalu mendukung grup - grup tersebut. Seperti juga JKT48 yang bisa dibilang mempunyai fans yang luar biasa banyak di Indonesia tentunya. Sebagian besar dari mereka memang sudah terlebih dulu menyukai AKB48 atau grup - grup lain yang sejenis. Ketika JKT48 dibuat lalu mereka mulai menggemari JKT48 dan menjadi fans setia.

Sebagai fans dari satu Idol Group yang memang populer tentunya ada hal - hal baik maupun buruk yang dialami serta dirasakan. Berikut ini beberapa hal yang menjadi suka duka dalam menjadi fans dari JKT48.


Duka - Duka Fans JKT48

Dipandang sebagai seorang jomblo akut
Nah ini salah satu hal yang nggak nyaman namun dialami dan dirasakan oleh para fans JKT48 khususnya para pria. Ketika seorang pria menjadi penggemar JKT48 maka dimata teman - teman dan bahkan orang terdekatnya sering dilihat sebagai orang yang nggak laku - laku sampai memilih untuk mengidolakan Idol Group yang beranggotakan gadis - gadis cantik seperti JKT48. Jadi kalau ternyata kamu baru saja terjangkit virus JKT48 siap - siap saja dicap sebagai jomblo akut.




Dianggap sebagai orang yang hobi berdelusi atau berimajinasi
Delusi atau juga imajinasi sangatlah dekat kaitannya dengan para fans yang terlalu mengidolakan tokoh idolanya. Dalam hal fans JKT48 tentunya ada para fans yang sangat mengidolakan JKT48 sampai sering berimajinasi bahwa mereka bisa dekat dengan JKT48 setiap waktu dan sebagainya. Meskipun tentunya tidak semua fans JKT48 seperti itu, tetapi pasti sebagai salah satu fans kamu bakan dianggap sama juga seperti itu.




Dikira seorang om - om genit serta pedofil
Tak jarang juga dari fans JKT48 itu adalah pria yang sudah cukup berumur bahkan paruh baya dan sudah berkeluarga. Nah untuk kategori ini akan sering ada anggapna bahwa si fans pria merupakan seorang om - om genit yang pedofil sehingga mengidolakan JKT48 yang jelas personilnya masih sangat muda. Jika tidak dijaga dengan baik bahkan hal ini bisa merusak rumah tangga.




Mengeluarkan banyak uang untuk berbagai macam hal
Harga tiket konser serta pernak - pernik dan merchandise asli dari satu Idol Group tentunya tidaklah murah. Hal ini tentunya akan membuat para fans mau tak mau mengeluarkan uang mereka dalam jumlah besar untuk dapat akses lebih dekat dan lebih jauh ke idola mereka yaitu JKT48. Jika dibayangkan jumlah uang yang dihabiskan maka sangat wajar jika ini merupakan satu duka menjadi fans JKT48.




Menanggung beban cemoohan sebagian pihak luar
Disamping adanya fans dari satu Idol Group tentunya ada juga yang disebut sebagai haters. haters dikenal sebagai kelompok yang membenci satu idola seperti JKT48. Biasanya haters akan selalu mencemooh serta menjelek - jelekkan yang mereka benci. nah secara tidak langsung fans pasti akan ikut merasakan dan menanggung hal - hal negatif dari para haters yang ditujukan ke idola mereka.




Dicap sebagai fans yang buruk
Sebagian dari fans JKT48 memang terkenal berlebihan dan cenderung fanatik. nah fans yang seperti ini justru membawa satu citra buruk dari semua fans. Oleh karena itu fans - fans lain yang sebetulnya sudah bersikap positif pun akan dianggap sebagai fans yang buruk juga.





Suka - Suka Fans JKT48

Bertemu banyak teman baru
Salah satu hal baik yang bisa dirasakan serta diperoleh ketika menjadi fans JKT48 adalah mendapatkan banyak kenalan teman baru. Orang - orang yang juga sama - sama mengidolakan JKT48 akan mudah berkomunikasi satu sama lain yang pada akhirnya mampu menjalin hubungan pertemanan juga.




Mendapat tambahan pengetahuan yang berhubungan dengan Jepang
Dikarenakan konsep dasar JKT48 merupakan Idol Group di Jepang tentunya ada hal - hal berbau Jepang yang bisa juga diserap oleh para fans. Kemampuan berbahasa Jepang merupakan salah satunya yang juga diikuti oleh sedikit pengetahuan tambahan tentang jepang itu sendiri.




Bisa ketemu secara langsung
Dengan membawa konsep "idols you can meet" tentunya para member JKT48 akan selalu memberikan kesempatan para fans setianya untuk bertemu langsung dan berjabat tangan bahkan berbincang sejenak. biasanya event yang disebut sebagai "handshake events" akan menjadi media pertemuan para member JKT48 dengan para fans mereka.




Seru serta dinamis
Dengan konsep yang membuat para fans bisa selalu merasa dekat dengan JKT48, akan menjadi satu pengalaman seru ketika perkembangan dari para personil JKT48 mulai dari awal hinggs saat ini. Fans dapat mengikuti perkembangan para personil dengan mudah dan membuat fans lebih dihargai.




Membuat lebih dewasa
Jika seorang penggemar dari JKT48 mampu menanggapi segala hal tentang JKT48 itu secara positif tentunya itu akan membuat pribadi si penggemar menjadi lebih baik. Dengan mengetahui perkembangan dari para personil seharusnya dapat melahirkan satu rasa apresiasi yang luar biasa. Pada akhirnya si penggemar akan lebih mampu menghargai karya orang lain.




Termotivasi oleh JKT48
Hal terakhir yang bisa dikatakan satu hal baik bagi fans JKT48 seharusnya adalah bahwa mereka bisa menjadi termotivasi oleh para personil JKT48. Mengingat perjalanan mereka dan perjuangan mereka seharusnya bisa menjadikan satu motivasi positif bagi para fans.





Disamping hal - hal yang menjadi suka duka fans JKT48, masih ada juga hal - hal lain yang berhubungan dengan JKT48 dan sangat sayang untuk dilewatkan berikut ini.


WOTA

Istilah satu ini sangat populer didengar dikalangan fans JKT48. WOTA sering diasosiasikan sebagai sebutan untuk para fans JKT48 yang sebenarnya salah. WOTA sendiri diambil dari W(OTAku) yang makna sebenarnya adalah orang yang sangat mengidolakan sesuatu dalam bentuk apapaun sampai lupa dengan kehidupan nyata dan sosialnya. Biasanya wota sangat serius dalam hal apapun yang berhubungan dengan idolanya. Istilah ini tentunya berasal dari Jepang pada mulanya yang ikut bermigrasi seiring munculnya JKT48 di indonesia.




Chant

Istilah satu ini merujuk pada berbagai macam yell - yell serta juga gerakan - gerakan tubuh yang dibuat dan dilakukan oleh para fans JKT48 yang menunjukan bentuk dukungan penuh terhadap idolanya tersebut. Biasanya chant akan dilakukan dalam satu kelompok sehingga terlihat lebih menarik. Namun ada juga chant yang terlihat aneh.




Oshi

Istilah oshi digunakan untuk menunjuk pada satu tokoh yang paling diidolakan fans dari satu grup. Ketika fans sedang berkumpul dan ada yang bertanya "Oshi kamu siapa?" maka orang tersebut bermaksud menanyakan anggota JKT48 atau grup apapaun yang paling kamu sukai. Pada kenyataannya seseorang bisa mamiliki lebih dari satu oshi oleh karena itu ada istilah tambahan yang dapat digunakan. Oshimen digunakan untuk merujuk pada idola nomor satu dari seorang penggemar. Jika dalam satu grup ada dua atau tiga orang yang diiolakan maka oshimen menunjuk pada yang paling diidolakan dari tiga personil tersebut. Lalu untuk sisanya disebut sebagai Oshihen yang juga dapat diartikan sebagai oshi tambahan.




Photopack

Photopack pada dasarnya merupakan kumpulan foto resmi dari sang idola yang biasanya dikeluarkan secara berkala oleh manajemen resmi dari sang artis. Dalam hal JKT48 biasanya tiap bulan dikeluarkan edisi photopack yang baru. Photopack sering juga disebut sebagai trading card untuk dikoleksi yang jika lengkap tiap edisinya bisa berharga sangat mahal.




Handshake Event

Sesuai dengan konsep dasarnya yaitu idol yang dapat ditemui oleh siapa saja, diadakanlah satu acara bernama Handshake Event. Di acara ini para fans yang sudah membeli CD di Theater JKT48 dapat berjabat tangan secara langsung dengan JKT48. Terdapat juga sesi individual handshake dalam event tersebut yang memungkinkan fans untuk memilih dengan siapa dia ingin diberi kesempatan bersalaman dan sedikit berinteraksi.




Hal Unik dari Fans JKT48

Selanjutnya, hal - hal diluar logika orang awam pasti sangat mudah ditemukan ketika sudah berhubungan dengan yang namnay menjadi fans kelas kakap. Seperti contoh seorang fans JKT48 yang sudah berkeluarga dan berusia 26 tahun. Dia rela membeli sebanyak 30 keping CD dari JKT48 yang seharga sekitar Rp 40.000 per kepingnya hanya untuk mendapatkan kesempatan berinteraksi bersama idolanya dari JKT48 selama kurang lebih 5 menit dengan bersalaman serta sedikit berbincang - bincang.



Ada pula seorang fans yang berusia 30 tahun dan rela menghabiskan cukup banyak uangnya untuk menonton pertunjukan dari JKT48 sampai 5 kali dalam satu bulan. Disamping itu dia juga rela menghabiskan sekitar Rp 4.300.000 untuk pergi ke Jepang sebanyak 2 kali serta membeli 13 keping CD JKT48 hanya demi mengejar satu kesempatan menyaksikan JKT48 bersama dengan AKB48 dalam waktu bersamaan. Luar biasa.





Pada akhirnya keputusan untuk mengidolakan satu atau lain grup itu merupakan keputusan serta kebebasan pribadi masing - masing. Setiap orang berhak menentukan idolanya masing - masing. Siapapun kalian tentunya sah- sah saja untuk menjadi fans dari JKT48. Hanya saja pastikan untuk menjadi fans yang baik dengan meniru serta melakukan hal - hal yang positif yang berhubungan dengan grup yang diidolakan dalam hal ini JKT48. Berlaku posotif sebagai fans untuk menepis anggapan - anggapan negatif tentang fans yang berlebihan dan sering disebut alay.Jadikan grup idola tersebut sebagai motivasi untuk berbuat sesuatu yang lebih baik dalam berbagai hal dan bukan menjadi alasan untuk berdebat panjang lebar di media sosial seperti Facebook, Twitter, Path, dan lain - lain. Setiap member JKT48 yang kalian idolakan tentunya akan lebih menghargai fans yang berlaku positif dalam setiap kesempatannya.



oleh Denal Sukma Dewa (@e_Nald)

Scroll To Top