[WOW] Ini Dia 16 Handphone Paling Ikonik Sepanjang Masa

Selama sekitar 40 tahun handphone telah dikenal di dunia, sudah banyak model dari handphone yang dibuat dan dijual untuk dipakai banyak orang. Tidak jarang dari model - model tersebut yang menjadi sangat populer serta ikonik karena satu dan lain hal. Nah berikut ini ada 16 handphone yang tergolong ikonik dari saat pertama handphone mulai dikenal hingga saat ini. Ada satu atau mungkin dua yang kamu pernah pakai?


Motorola DynaTAC

Satu model paling pertama yang merupakan cikal bakal handphone yang ada saat ini. Beberapa variasi model dibuat yang semuanya diluncurkan pada era 80an. Sempat juga muncul pada film - film legendaris seperti Wall Street serta American Psycho membuat Motorola DynaTAC menjadi satu model handphone yang ikonik. Satu fitur luar biasa dari handphone ini adalah kemampuan digunakan untuk menelepon sampai 60 menit.




Motorola 4500X

Dengan ukuran yang tidak bisa dibilang kecil, sebesar tas jinjing kecil, Motorola 4500X lebih pas disebut sebagai cikal bakal handphone mobil. Akan tetapi untuk orang - orang yang cukup berotot masih mampu untuk membawa model ini kemanapun.




Philips C12

Pada akhir 1990an, Philips C12 menjadi satu handphone dengan desain candybar yang luar biasa. Keunggulan dari handphone yang awalnya tersedia hanya di Britania Raya ini adalah kemampuan untuk menyimpan 10 pesan singkat. Bahkan ada satu desas - desus bahwa dengan melakukan satu trik, handphone ini dapat menambah pulsa secara otomatis. Pada tahun 2006, handphone ini diumumkan untuk tidak dapat lagi digunakan.




Nokia 3310

Seri Nokia 3310 bisa dibilang seperti iPhone pada saat ini. Satu handphone yang paling populer sepanjang masa dengan penjualan sekitar 126 juta unit. Desain yang berfokus pada pengguna membuat 3310 mampu dioperasikan oleh siapa saja. Tahan banting, baterai tahan lama, serta kualitas telepon yang luar biasa bagus merupakan keunggulan dari Nokia 3310.




Ericsson T28

Satu lagi model handphone yang terbilang klasik pada masanya. Menawarkan desain yang lebih tipis namun memberikan satu layar yang justru problematis khususnya saat pengguna membaca tulisan di layar tersebut. Kesuksesan dari model handphone ini merujuk pada fakta bahwa T28 merupakan handphone paling kecil dan ringan pada saat itu dengan bobot 81 gram saja. Inilah satu handphone yang memulai tren yang ada saat ini yaitu semakin kecil ukuran handphone maka semakin menarik pula handphone tersebut.




Ericsoon T68

Handphone yang diluncurkan pada tahun 2001 ini merupakan handphone pertama dari Ericsson yang menampilkan layar warna dengan spesifikasi layar 101x80 pixel dalam 256 warna. Satu tahun kemudian setelah diakusisi oleh Sony dan menjadi Sony Ericsson, dikeluarkanlah T68i yang menjadi salah satu handphone pertama yang memiliki kamera. Pada saat itu kameranya masih berupa satu aksesoris yang bisa dikoneksikan ke handphone untuk mengambil foto dimanapun dan kapanpun.




Blackberry 6230

Saat ini, sembari menunggu pesawat di bandara, mengerjakan tugas - tugas kantor dan kemudian mengirimkannya langsung melalui email sudah sangat biasa. Pada tahun 2003 hal seperti itu sangatlah luar biasa. Itulah yang ditawarkan Blackberry melalui seri 6230 yang juga mempopulerkan keypad qwerty pada handphone dalam mempermudah akses menulis dalam handphone tersebut.




Sony Ericsson V800

Dengan desain flip yang unik, Sony Ericsson V800 merupakan satu dari sedikit handphone yang menawarkan layanan 3G untuk pertama kalinya pada tahun 2004 di Britania Raya. Mempunyai kamera 1.3 megapixel yang dapat diputar sehingga bisa digunakan juga untuk videocall merupakan keunggulan lain handphone ini. Dengan desain tampilan yang terinspirasi dari film Tron, pantas jika handphone ini menjadi satu dari beberapa handphone ikonik sepanjang masa. Melalui seri ini pula tren gadget berwarna pink mulai dikenal.




LG Chocolate

Handphone dengan kode KG800 ini menawarkan kemasan dalam sensasi seperti kemasan coklat. Bahkan terdapat aroma seperti coklat ketika membuka kemasan handphone ini. Namun yang menambah nilai ikonik dari handphone ini adalah fakta bahwa LG kemudian meluncurkan variasinya dalam warna pink. Sejak saat itu hampir semua gadget mengeluarkan edisi warna pink seperti kalkulator, jam tangan, bahkan PDA. Sayangnya kesuksesan luar biasa dari LG Chocolate tidak mampu lagi diulang oleh LG bahkan sampai saat ini dengan berbagai model handphonenya.




Motorola Rokr E1

Satu ide brilian yang coba digarap pada awalnya adalah iPhone seri awal dengan kerjasama antara Motorola dan Apple. Dari kerjasama itu kemudian munculah Rokr E1 yang sayangya tergolong sangatlah gagal. Ide awal untuk dapat mensinkronisasikan Rokr E1 ke iTunes tidaklah tercapai. Kemampuan handphone ini yang hanya bisa menyimpan 100 lagu serta interface yang kurang menarik menambah kekurangan handphone ini.




Nokia N95

Jauh sebelum nama iPhone dari Apple menggema dan sangat populer seperti sekarang ini, Nokia sudah meluncurkan satu ikon di dunia smartphone. Diluncurkan pada puncak kepopuleran Nokia di 2007, N95 menjadi satu handphone yang harus dibeli dan dimiliki semua orang. Fitur seperti GPS, kamera 5 megapixei, browser internet, yang disempurnakan dengan sistem operasi Symbian 9.2 semakin menunjukkan keunggulan seri N95 ini. Sari ini juga merupakan awal dari tren penggunaan kartu memory microSD pada handphone.




iPhone

Tida ada yang bisa menyangkal bahwa iPhone dari Apple merupakan satu handphone yang sangat ikonik. Konsep dasar dari iPhone yang menyatakan bahwa hanphone tidak hanya untuk menelepon tetapi juga untuk melakukan banyak hal lain sangat luar biasa. Namun, versi awal dari iPhone sangat jauh berbeda dari yang ada sekarang tanpa adanya aplikasi pihak ketiga serta sangatlah lambat. Menggabungakan ide iPod yang sudah sangat populer terlebih dahulu dengan fitur handphone dalam iPhone telah menghasilkan satu kombinasi sempurna yang berhasil dipertahankan Apple sampai saat ini bahkan dengan seri terbarunya iPhone 6.




Bang and Olufsen Seranata

Nama B&O mendesain satu hanphone yang unik pada 2007 dengan nama Seranata. Mempunyai satu fitur unik berupa built-in speaker yang diluncurkan beberapa bulan setelah iPhone pertama dipasarkan, harga handphone unik ini yang tergolong mahal pada 2007 membuatnya tidak mampu mendapatkan respon yang baik di pasar.




T-Mobile G1

Pada saat HTC masih belum menjadi merk yang mampu menampilkan namanya sendiri di setiap produknya, Google mengenalkan seri G1 yang sebenarnya dibuat oleh HTC dan didukung oleh jaringan seluler T-Mobile. Menampilkan desain touchscreen namun juga memberikan akses sliding keyboard serta trackball bagi pengguna yang belum nyaman menggunakan touchscreen secara penuh.




Motorola Aura

Tampilan desain yang luar biasa unik dan merupakan handphone paling elit di masanya membuat Motorola Aura menjadi salah satu handphone paling ikonik di dunia. Terbuat dari bahan stainless steel dengan desain yang rumit di panel depannya serta menampilkan layar yang bisa diputar membuat handphone ini sangat berbeda dari handphone lain pada masanya.




Samsung Galaxy S2

Diluncurkan pada bulan Februari tahun 2011, seri Galaxy S2 dianggap sebagai awal mula pergerakan Samsung menuju sukses luar biasa di pasar smartphone sampai saat ini dengan berbagai model terbarunya. Saat seri ini diluncurkan, sistem operasi Android lebih identik dengan HTC Desire. Namun, Galaxy S2 menawarkan desain lebih tipis dengan fitur lebih baik yang menyerupai iPhone membuatnya sangat diminati pengguna handphone.




Saat ini dengan semakin ketatnya persaingan di dunia handphone serta pasar yang semakin kompetitif, sulit rasanya untuk ada satu nama atau tipe baru dari handphone yang akan sanggup seperti nama - nama diatas. Kenyataan bahwa hanya dalam hitungan minggu sudah bisa ada satu atau bahkan lebih model atau tipe baru yang dipasarkan membuat dominasi satu tipe sangat mustahil. Well, ada yang tertarik untuk menggunakan salah satu dari handphone diatas saat ini?

Scroll To Top