[WOW] Game - Game ini Membutuhkan Waktu Sangat Lama untuk Dimainkan

Yang namanya video game atau sering hanya disebut dengan istilah game tentunya sudah tidak asing lagi di Indonesia. Mulai dari anak - anak, remaja, bahkan usia paruh baya juga memainkan game - game yang tersedia dalam berbagai konsol atau sistem dan juga dalam berbagai jenis atau genre. Buat sebagian orang, bermain video game itu sendiri sudah dianggap membuang waktu. Nah, kepikiran nggak kalau seandainya ada game - game yang ternyata membutuhkan waktu puluhan bahkan ratusan jam untuk dapat dimainkan sampai selesai? Berikut ini ada 10 game yang memiliki waktu super lama untuk dimainkan sampai selesai.


10. Civilization IV (5jam - tak terhingga)

Sebagai satu game strategi yang memungkinkan pemainnya untuk membangun satu kerajaan yang dominan dan menguasai dunia, wajar kalau dalam memainkan game ini dibutuhkan waktu yang cukup lama. Meskipun pada dasarnya game ini mempunyai satu akhir yang bisa diraih atau dituju kapan saja si pemain mau, namun bergantung dari bagaimana sang pemain memainkan game ini, waktu dalam hitungan minggu bahkan bulan atau tahun sangat mungkin tercapai hanya untuk bermain game ini.




9. The Legend of Zelda: Ocarina of Time (30jam - 40jam)

Sebagai game yang bukan RPG, yang biasanya terkenal memakan waktu, lamanya game ini untuk diselesaikan sungguh luar biasa khususnya pada tahun 1998. Saat itu Final Fantasy VII merupakan satu RPG yang sangat menghabiskan waktu para gamer. Namun, tidak ada game petualangan yang mampu menandingi lamanya memainkan Ocarina of Time. Banyaknya rahasia serta pengalihan - pengalihan membuat game ini membutuhkan waktu lama untuk diselesaikan. Apalagi jika langsung menjalankan misi utama pemain akan dihadapkan pada kesulitan yang luar biasa hanya untuk bertahan.




8. Half-Life 2 (20jam)

Seri game Half-Life 2 merupakan satu game yang mampu berada dipuncak kejayaan game FPS. Saat ini kebanyakan game FPS hanya bertahan sekitar 6 sampai 10 jam sebelum selesai dimainkan. Half-Life 2 jauh diatas rentang waktu tersebut dengan membutuhkan waktu antara 15 sampai 20jam untuk diselesaikan.




7. Thief III (40jam)

Satu hal yang membuat game ini membutuhkan waktu lama adalah karakter game ini yang merupakan game stealth. Jenis game ini mengharuskan pemain untuk merencanakan pergerakkan dengan sangat hati - hati serta menunggu dengan sabar musuh untuk merubah posisinya sebelum benar - benar berinteraksi dengan lingkungan. Stealth III tentu merupakan game yang pantas dinikmati selama sekitar 40jam khususnya bagi para pecinta game stealth.




6. Just Cause 2 (40jam - 60jam)

Fakta bahwa Just Cause 2 memiliki dunia yang luar biasa besar adalah satu alasan game ini membutuhkan waktu lama untuk deimainkan. Berbagai misi utama yang berlokasi di penjuru Panau pun sangat memakan waktu untuk diselesaikan. Belum lagi adanya misi - misi sampingan yang sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.




5. Elder Scrolls III: Morrowind (50jam - 200jam)

Jika kamu merupakan satu dari sekian orang gamer yang tergolong perfeksionis dan ingin melakukan serta mendapatkan semua hal yang ditawarkan game ini, bersiaplah untuk menghabiskan waktu selama 200jam bahkan lebih dalam memainkan game ini. Dibuat sebagai satu game petualangan dengan sentuhan RPG, Bethesda terbukti sukses dalam mengemas segala macam hal menjadi menarik dan menggoda untuk dimainkan dan dijelajah dalam game ini.




4. Grand Theft Auto: San Andreas (80jam)

Bukan seri terbaru dari game GTA, namun terbukti menjadi game GTA dengan lingkup dunia paling luas sebelum dikalahkan oleh GTA V. Misi - misi sampingan yang menghiasi kehidupan Carl Johnson sebagai tokoh utama game ini terlalu sayang untuk dilewatkan begitu saja. Ditambah kemungkinan tanpa batas untuk berinteraksi dengan berbagai hal dalam San Andreas membuat waktu terasa begitu cepat berlalu saat sedang memainkan game ini.




3. Final Fantasy XII (60jam - 120jam)

Seorang gamer dari NowGamer.com menghabiskan sekitar 120jam untuk menyelesaikan Final Fantasy XII. Selama 120jam tersebut, si pemain telah melihat segala hal yang ditawarkan oleh game ini tanpa terkecuali dengan tempo bermain yang wajar serta normal. Dengan tempo lebih cepat, game ini sangat mungkin untuk diselesaikan hanya dalam waktu 60jam.




2. Demon's Souls (300jam - tak terhingga)

Game ini bisa disebut sebagai satu - satunya game penyiksa gamer sampai saat ini. Bagaimana tidak? Game ini membuat pemainnya untuk memainkan ulang level - level yang ada sampai si pemain betul - betul mampu melaju dan menghadapi level berikutnya. Dengan rentang waktu tercepat yang mungkin dapat dicapai untuk menyelesaikan game ini selama 300jam, game ini memang luar biasa lama.




1. Disgaea (60jam - tak terhingga)

Game ini betu - betul merupakan satu tes untuk menguji kesabaran dan keteguhan dalam bermain game. Misi - misi utama game ini sangatlah lama khususnya bagi pemain pemula yang baru mencoba game ini. Ditambah lagi waktu yang dibutuhkan untuk menaikkan level dari senjata serta perlengkapan - perlangkapan lainnya pun sangat lama karena ada level berlapis yang harus diselesaikan dan dilewati para gamer.




Dengan adanya game game yang ternyata membutuhkan waktu lama untuk dimainkan, tidak seharusnya menjadikan alasan bagi para gamer untuk kemudian melupakan hal - hal lain disamping bermain game itu sendiri. Seorang gamer yang baik seharusnya mampu memilih waktu yang benar - benar tepat untuk menghabiskan berjam - jam dalam bermain game tanpa mengesampingkan hal - hal lain yang juga harus dilakukan. Sebaliknya untuk yang bukan gamer tidak seharusnya selalu mencaci dan mengatakan bahwa bermain game itu membuang waktu. Setiap orang mempunyai kesenangan masing - masing yang sangat mungkin bagi orang lain yang tidak senang akan dianggap buang - buang waktu. Saling menghargailah yang pada akhirnya dibutuhkan dalam hal ini.



oleh Denal Sukma Dewa (@e_Nald)

Scroll To Top