[WAJIB TAU] Pemahaman Salah Kaprah Seputar Komputer

Komputer sudah jadi kayak pendamping hidupmu untuk mengerjakan beberapa aktivitas dan pekerjaan sehari-hari. Sayangnya meski lazim digunakan dan dibutuhkan, ini bukan berarti orang-orang sudah paham sepenuhnya tentang penggunaan komputer. Nah berikut ini ada 10 hal yang kayaknya udah sering kamu lakukan tanpa sadar bahwa itu sebenarnya salah kaprah dan malah akan membuka peluangmu menjadi korban cyber crime

1. Bikin password yang penting panjang dan gampang diingat

Banyak orang malas menghafal password mereka dan selalu membuat password yang berhubungan dengan diri mereka seperti, tanggal lahir, hobi, nama anak dan lain-lain. Juga menerapkan password sama untuk berbagai akun. Ini jelas berbahaya karena passwordmu akan mudah ditebak dan tentunya membuka peluang bagi para hacker dan cracker membobol akunmu.

2. Panik saat layar komputer berwarna biru (bluescreen)

Ga usah panik karena bluescreen adalah tanda terjadinya kesalahan operasi dalam sistem. Hal tersebut nggak ada hubungannya sama virus atau bahkan kamu panik komputermu bakal meledak. Tinggal klik ‘restart’ beres deh.

3. Nambah RAM biar kapasitas penyimpanannya nambah


Meski kepanjangan RAM adalah “Random Access Memory” dan ada kata memori di sana. Fungsi RAM hanyalah untuk memori kerja dan tidak ada hubungannya dengan penyimpanan file. Harddisk lah yang melakukannya.

4. Komputer lemot? Wah pasti banyak virusnya nih!


Jangan buru-buru nyalahin virus, kasihan (eh). Ada banyak penyebab kenapa komputer jadi lemot, seperti faktor hardware atau software yang terinstal di komputer. Usia sia komputer juga jadi faktor kenapa komputer bisa lemot.

5. Virus di smartphone


Sadarkah kamu kalau smartphone mu sudah mulai diintai virus. Cara mencegahnya gampang aja, kamu jangan sekali-kali download aplikasi dari luar sumber yang terpercaya. Jangan lupa pasang antivirus di smartphonemu

6. Laptop Kebakar


Banyak orang percaya kalau laptop yang kepanasan bisa meledak dan terbakar. Nyatanya belum pernah ada kejadian yang benar-benar disebabkan oleh ini. Beberapa laptop dilengkapi dengan sirkulasi udara yang baik untuk mengalirkan panas, jadi jangan kuatir.

7. Hacker dan Cracker


Banyak pemahaman yang salah soal dua istilah ini. Hacker adalah istilah untuk mereferensikan orang yang berhasil menembus kerentanan sebuah sistem tanpa merusaknya. Sedangkan cracker, biasanya melibatkan program untuk membobol, mencuri atau merusak informasi yang ia dapatkan.

8. Virus dan Spyware dalam program antivirus

Bahkan ada orang yang sengaja menyisipkan program berbahaya dalam antivirus yang kamu download. Intinya waspada dan pilih-pilih antivirus yang terpercaya untuk melindungimu.

9. Virus dari email

Komputermu nggak akan kena virus kalau kamu Cuma buka email dan nggak asal ngeklik link mencurigakan yang disertakan dalam email tersebut.

Ditulis oleh Satrio Rizki Dharma


Scroll To Top