[UNIK] Barang-barang yang Bisa Kamu Dapetin Lewat 'Vending Machine'

Tau vending machine alias mesin penjual otomatis kan? Itu loh yang kamu masukin uang receh terus keluar barang yang senilai dengan uang yang kamu masukin. Meski belum banyak ada di Indonesia, beberapa dari kamu mungkin sudah mengetahuinya dari televisi atau majalah. Kamu yang tinggal di kota besar mungkin sudah sering menggunakannya. Biasanya mesin penjual otomatis menyediakan softdrink, snack atau mainan. Tapi tahukah kamu di luar negeri ada yang menjual buku, sparepart sepeda, peralatan bayi, lobster hidup, bahkan layanan pernikahan lewat mesin penjual otomatis! Penasaran apa lagi yang bisa kamu dapatkan lewat mesin tersebut? Berikut informasi lengkapnya:

1. Jasa memandikan anjing

Alat ini bernama DOG-O-MATIC dan ditemukan oleh seorang pengusaha asal Perancis bernama Romain Jarry. Dengan membayar 25 Euro, kamu bisa membuka pintu geser mesin ini dan memasukkan anjing peliharaanmu. Mesin ini akan memandikan mereka selama 30 menit.

2. Pernikahan kilat

Mesin ini memang nggak menawarkan jasa pernikahan beneran, alias cuma simulasi. Tapi meski begitu mesin bernama AutoWed ini menarik juga karena dilengkapi petunjuk audio, cincin kawin bahkan surat nikah yang tercetak.

3. Lobster hidup

Namanya adalah LOBSTER ZONE. Mesin ini dilapisi kaca ganda yang berisikan air laut dengan belasan lobster hidup di dalamnya. Dengan biaya sebesar $10 kamu sudah bisa membawa pulang satu lobster hidup.

4. Sparepart sepeda

Bike Fixtation adalah mesin penjual otomatis yang menyediakan sparepart standar untuk sepeda mulai dari ban, parts pendukung dan bahkan perkakas bengkel untuk membetulkan sepeda yang rusak.

5. Pizza anget

Kalau menunggu layanan delivery pizza itu cuma buang-buang waktu, kamu bisa mengunjungi mesin “Let’s Pizza”. Mesin ini menyediakan bahan-bahan segar untuk pizza mulai dari adonan, bahan serta topping. Di dalamnya dilengkapi oven untuk memasak pizza agar tetap hangat.

6. Penataan rambut

Buat kamu para cewek yang benci rambut berantakan, mesin bernama Beautiful Vending ini menyediakan batangan besi panas yang biasa digunakan untuk meluruskan rambut.

7. Emas batangan

Gold To Go menawarkan jasa penukaran nilai melalui kartu kredit atau uang tunai dengan emas batangan. Mesin ini sekarang sudah mulai digunakan dan banyak peminatnya. Total baru ada 2 mesin di seluruh dunia. Satu di New York, satu lagi di Las Vegas.

8. Perlengkapan bayi

Cukup dengan menggesekkan kartu kredit para ayah dan ibu sudah bisa mendapatkan perlengkapan bayi yang mereka inginkan seperti, popok, bedak, susu, tissue bayi dan sebagainya.

9. Buku

Cara kerjanya mirip jukebox, itu lho mesin pemutar lagu yang sering ada di bar atau cafe jadul. Bedanya kini kamu bisa mencetak buku yang sudah kamu pilih dari daftar berbagai judul buku yang tersedia dengan Espresso Book Machine ini. Kini nyetak buku semudah bikin kopi.

10. Layanan Barter

Ini kayaknya mesin otomatis yang lumayan asik. Dengan Swap-o-matic, kamu bisa menyumbangkan barang bekas yang sudah tidak terpakai dengan memasukkanya ke dalam mesin. Setelah itu mesin akan menilai barang tersebut dan memberi poin sesuai nilai barang. Dengan poin tersebut kamu bisa membeli barang baru yang kamu inginkan.

Ditulis oleh Satrio Rizki Dharma

Scroll To Top