[TRAVEL] 10 Lokasi Syuting Film yang Bisa Dikunjungi Sampai Sekarang

Khususnya buat kamu para maniak film, bisa jadi apa yang kamu impiin selalu jadi bahan olok-olok orang lain. Emang siapa sih yang nggak nganggep aneh orang yang kepengen lari-larian di lorong Hogwarts? Atau siapa yang nggak bakal ketawa ketika denger kalau impianmu adalah ngerasain tinggal di rumah Bruce Wayne si Batman. Tapi tenang aja, kamu sekarang bisa buktiin kalau mereka salah karena sayangnya beberapa tempat syuting film favoritmu emang beneran ada dan bukan tidak mungkin kamu bakal mengunjunginya suatu saat. Syaratnya sih cuma satu: nabung!
Berikut ini 10 diantaranya, cekidot

1. Kastil Alnwick – Harry Potter

Buat kamu para ‘Potterhead’—sebutan untuk penggemar Harry Potter—mungkin masih terngiang adegan latihan naik sapu di film “Harry Potter and The Sorcerer’s Stone”. Adegan itu dilakukan di halaman kastil ini, karena tempat ini merupakan lokasi syuting dari 2 film pertama Harry Potter. Buat kamu yang tertarik mengunjunginya, kastil bersejarah ini terletak di Alnwick, Northumberland Inggris.

2. Bourne Wood

Nah tempat ini ibarat sekali merengkuh dayung dua tiga pulau terlampaui. Loh kok gitu? Jelas saja karena tempat ini merupakan lokasi syuting dari seabrek film box office ternama mulai dari Gladiator, The Golden Compass, Harry Potter, Sherlock Holmes, Thor: The Dark World dan film terbaru yang udah pasti sedang kamu tunggu-tunggu yaitu The Avengers: Age Of Ultron. Aslinya tempat yang terletak di kota Farham, Inggris ini merupakan kawasan konservasi untuk beberapa spesies hewan langka.

3. Kastil Doune—Monty Python and The Holy Grail

Kastil tabg terletak di desa Doune, distrik Stirling, Skotlandia ini jadi lokasi syuting film klasik Monty Python and The Holy Grail yang kisahnya sendiri merupakan parodi kisah Raja Arthur. Kini keberadaanya dilindungi pemerintah sebagai bagian dari warisan sejarah Skotlandia.

4. Mentmore Towers—Batman Begins

Bruce Wayne sang Batman diceritakan sebagai seorang miliarder kaya raya dan tinggal di sebuah kastil bernama Wayne Manor. Nah, Mentmore Towers inilah yang dijadikan lokasi syuting film Batman Begins yang bercerita tentang awal mula Batman itu. Menara kastil ini dibuat oleh Joseph Paxton dan ditujukan bagi Baron Mayer de Rothschild.Sejak Perang Dunia II, pemerintah Inggris menjadikan kastil ini sebagai tempat perlindungan karya seni nasional.

5. Kastil Neuschwanstein—Sleeping Beauty

Percaya atau tidak kastil yang diambil jadi logo Walt Disney ini memang benar-benar ada di Jerman sana. Kastil ini pernah dijadikan lokasi syuting film Disney, Sleeping Beauty di tahun 1959. Kastil yang namanya susah ini dibangun oleh Raja Bavaria sebagai bentuk penghormatan untuk komposer ternama Richard Wagner.

6. Angel Falls – Up

Meski “Up” adalah film animasi, namun air terjun Angel Falls memang benar-benar ada. Air terjun terkenal setinggi 900 meter itu terletak di Venezuela. Namanya diambil dari nama pilot Jimmy Angel yang menemukan air terjun ini.


7. Timberline Lodge—The Shining

Buat kamu pecinta film horror, mungkin pergi ke hotel tempat yang dijadikan lokasi film legendaris The Shining adalah ide yang tepat. Timberline Lodge terletak di Amerika Serikat. Biar awalnya ini jadi tempat syuting film horror, tapi aslinya tempat ini ngga horror, horror amat soalnya tempat yang pemandangannya indah ini sekarang dijadikan resort untuk ski, festival musik bahkan lokasi pernikahan.

8. Matamata –Lord Of The Rings

Kalau ngeliat fotonya emang cocok ya dinamakan matamata, meski tempat ini sebenarnya bukan ada di Indonesia melainkan New Zealand. Adegan perkampungan ‘Hobbit’ di trilogi Lord Of The Rings diambil di tempat ini. Kini tempat yang sebenarnya merupakan area pengembangbiakan kuda pacuan sekaligus pusat industri pacuan kuda ini ditutup sementara untuk keperluan syuting film The Hobbit.

9. Marta’s Vineyard—Jaws

Siapa yang tak kenal film jadul tentang hiu pemangsa yang kerjaannya keluyuran di pantai padat pengunjung ini? Pulau Amity yang merupakan lokasi fiktif di film Jaws, sebenarnya adalah Marta’s Vineyard ini. Tempat ini terkenal sebagai obyek wisata karena kini telah menjadi tempat perlindungan bagi satwa liar. Tenang aja, nggak ada hiu kok. Soalnya pemerintah setempat sudah mengatur hiu-hiu agar berpindah ke pantai timur untuk mencari mangsa.

10. Henry River Mill Village—Hunger Games

Daerah yang dulunya merupakan wilayah penghasil benang rajut ini kini menjadi kota mati yang terbengkalai sejak tahun 1970’an. Jadi tidak salah jika para kru film Hunger Games menjadikannya lokasi untuk menggambarkan Distrik 12 yang jadi tempat tinggal jagoan kita yang cantik Katniss Everdeen. Setelah kota ini dipakai syuting Hunger Games, pemiliknya yang bernama Wade Shepherd berniat untuk menjual seluruh wilayahnya seharga 14 juta dolar.

Ditulis oleh Satrio Rizki Dharma

Scroll To Top