Sssstt...Pesepakbola Hebat Ini Ternyata Nggak Pernah Nyicipin Piala Dunia

Nama besar dan karir cemerlang di klub yang mereka bela nggak selamanya jadi jaminan bahwa mereka masuk ke dalam squad tim nasional masing-masing dan turut membela nama negaranya di kancah Piala Dunia. Berikut ini ada 10 nama pesepakbola terkenal yang ternyata nggak pernah ikut tampil di World Cup. Mungkin kamu akan kaget setelah baca kalau beberapa nama di bawah ini dikenal sebagai legenda sepakbola dunia.

1. Nicholas Anelka
Pesepakbola asal Perancis yang namanya bersinar di beberapa klub raksasa seperti Arsenal, Real Madrid, Manchester City dan Chelsea ini ternyata belum pernah sekalipun ikut bertanding di ajang World Cup bersama timnas Perancis.


2. Matt Le Tissier

Legenda klub Southampton ini kurang beruntung karena pada era kejayaannya di tahun 1994 ternyata Inggris gagal lolos ke World Cup.

3. Johnny Gilles

Gilles memperkuat lini tengah Leeds United era 1970'an. Saat itu Leeds adalah salah satu raksasa liga premiere Inggris. Meski kerap memperkuat timnas Irlandia, Gilles belum pernah sekalipun merasakan Piala Dunia baik sebagai pemain maupun pelatih.

4. Ian Rush

Siapa sangka sang legenda klub raksasa Inggris Liverpool ini tidak pernah sekalipun merasakan bermain di Piala Dunia. Jika melihat catatannya ketika memperkuat timnas Wales, Ian sukses mencetak 28 gol dalam 73 laga. Wales bahkan pernah mengalahkan Jerman di tahun 1991.

5. George Weah

Ia terpilih sebagai pemain terbaik Afrika di tahun 1989, 1994 dan 1995 dan mendapat gelar sebagai pemain terbaik Eropa sekaligus dunia di 1995. Prestasi besarnya ini tidak lantas membuatnya sukses membawa Liberia ke ajang piala dunia.

6. Eric Cantona

Orang-orang mengenalnya sebagai seorang legenda klub Manchester United di era 90'an. Di tahun 1994 Perancis secara mengejutkan gagal lolos ke piala dunia. Eric Cantona akhirnya memutuskan pensiun di tahun 1997 setahun sebelum Perancis memperoleh gelar juara dunia di 1998.

7. Duncan Edwards

Pesepakbola hebat di masanya ini harusnya bisa mencicipi piala dunia tahun 1966 ketika Inggris keluar sebagai juara dunia. Namun malang nasibnya, ia harus mengakhiri karirnya selamanya setelah mengalami kecelakaan pesawat di Munich yang menewaskannya tahun 1958.

8. Ryan Giggs

Tidak ada yang pernah meragukan dedikasi Giggs untuk klub Inggris Manchester City. Sejak 1991 karirnya dilalui bersama setan merah dengan 11 gelar juara premiere league dan 2 gelar champions league. Sayangnya Wales, tanah airnya baru sekali bertanding di piala dunia yaitu tahun 1958. Giggs bahkan belum lahir saat itu.

9. Alfredo Di Stefano

Legenda Real Madrid ini pernah memperkuat 3 tim nasional sekaligus yaitu Argentina, Kolombia dan Spanyol. Meski begitu tidak satu pun klub yang diperkuatnya saat itu lolos ke piala dunia.

10. George Best

Best adalah seorang yang berasal dari Irlandia Utara. Sebuah negara yang waktu itu tidak memiliki tim nasional sepakbola yang baik dan bahkan tidak memenuhi syarat untuk ikut ke piala dunia. Best tercatat menjadi pemain terbaik dunia saat membela Manchester United dan membawa mereka menjadi juara Eropa tahun 1968.

Ditulis oleh Satrio Rizki Dharma

Scroll To Top