Siapa aja sih para penemu benda-benda berguna ini?

Nama-nama mereka mungkin tidak se terkenal Thomas Alva Edison, Alexander Graham Bell, Nikola Tesla dan penemu-penemu besar lainnya. Biarpun gitu jangan salah, benda-benda yang mereka temukan masih kita gunakan dan butuhkan sampai sekarang. Suatu ketika kamu mungkin pernah bertanya-tanya, siapa ya yang pertama nyiptain penghapus, lem dan barang-barang sehari-hari lainnya. Semuanya ga simsalabim jatuh dari langit lho, penasaran? Kenalan yuk sama para penemu dan barang yang sudah mereka ciptakan untuk membantu kehidupan manusia!

1. Louis Reard (Bikini)

Ia adalah perancang mobil asal Perancis yang menciptakan bikini dengan hanya menggunakan kain berukuran kurang dari 200 centimeter persegi. Baju ini diperkenalkannya pada tangga 5 Juli 1946 di kolam renang Piscine Molitor, Paris.

2. Aquilino Cosani (Swiss Ball)

Bola untuk latihan fisik ini ternyata dibuat di Italia pada tahun 1963. Baru kemudian Dr. Elseth Kong dan Mary Quinton, Inggris terapis fisik di Swiss menggunakannya sebagai sarana latihan dan terapi bagi bayi.

3. Edward Nairne (Penghapus)

Penghapus karet pertama dijual pada tahun 1770. Edward Nairne yang seorang insinyur tadinya hendak menghapus tulisan pensil dengan remah roti, tapi tanganya malah meraih potongan karet yang ada di dekatnya.

4. Robert A. Chesebrough (Vaseline)

Ide pembuatan minyak vaseline didapatkan Robert saat ia melihat para pekerja mengolesi luka bakar mereka dengan zat lengket yang disebut Rod Wax. Ia mulai memasarkan produknya tahun 1870 sebagai “vaseline”

5. Robert Yates (Pembuka Kaleng)

Dulu kaleng terbuat dari besi sehingga orang butuh palu dan pahat untuk membukanya. Robert Yates dari Middlesex, Inggris mematenkan pembuka kaleng pertama pada 13 Juli 1855. Alat pemotong khusus ini menggunakan pisau melengkung dan pisau bertuas.

6. Harry Coover (Lem Super)

Dr Harry Coover menemukan bahan cyanoacrylate ketika mengembangkan plastik bening untuk keperluan perang tentara Sekutu pada tahun 1942. Di tahun 1951 ia kembali meneliti bahan tersebut dan memasarkan lem super pertamanya dengan merk “Eastman 910”

7. Diane von Furstenberg (Wrap Dress)

Furstenberg, desainer asal Belgia itu terinspirasi untuk membuat wrap dress setelah dia melihat putri Presiden Nixon, Julie Nixon Eisenhower. Wrap dress segera menjadi tren ketika pertama kali muncul pada tahun 1976 dan terjual lebih dari lima juta unit.

8. Tim Blake (Papan Surfing)

Orang Hawaii kuno dikenal sudah berselancar sebagai upacara persembahan kepada dewa. Tahun 1926, Tom Blake menemukan papan selancar berongga sepanjang 4,5 meter (15 kaki). Blake kemudian berinisiatif menambahkan sirip ke ekor bawah dan memberi papan selancar kemampuan bermanuver.

9. Earle Haas (Tampon)

Selama ribuan tahun, para wanita berimprovisasi mengatasi masalah haid mulai dari menggunakan kain, wol, serat, dan bahkan rumput. Tapi tabung tampon diciptakan dan dipatenkan oleh Dr. Earle Haas dari Denver, Colorado pada bulan November 1931. Haas kemudian menjualnya dengan merek "Tampax"

10. Lonnie G Johnson (Super Soaker/Senapan Air)

Johnson yang seorang anggota NASA melakukan percobaan dengan pompa panas tahun 1982 dengan menggunakan air sebagai pengganti freon. Saat ia memasang pompa untuk wastafel kamar mandi dan menyalakan air pada, air tekanan tinggi langsung melesat dari pompa ke bak-nya. Hal ini menginspirasinya untuk mengembangkan air baru yang dipatenkan taun 1989 dengan nama “Super Soaker”.

Ditulis oleh Satrio Rizki Dharma

Scroll To Top