[SERU] Digimon vs Pokemon, Mana yang Lebih Oke?

DIgimon dan Pokemon merupakan dua dari sekian banyak film anak - anak yang berasal dari Jepang. Dua - duanya sempat ditayangkan di stasiun televisi nasional Indonesia. Dua film seri kartun anak - anak ini memang sering disebut serupa tapi tak sama. Pada dasarnya memang terdapat kesamaan dalam adanya karakter monster yang menjadi daya tarik dari masing - masing judul. Tentunya akan sangat menarik dan seru untuk membandingkan keduanya secara head to head dengan melihat beberapa aspek tertentu dari kedua film kartun tersebut. Berikut perbandingannya.


Visualisasi Pembuka Film



Dalam hal ini terdapat perbedaan mencolok antara pembuka dari Digimon serta Pokemon. Aksen yang lebih ceria dan gembira nampak dari Pokemon sedangkan Digimon terlihat lebih serius dan sedikit kelam dengan menampilkan monster kegelapan yang ingin menguasai dunia.




Kemampuan Berbicara



Semua jenis monster di Digimon mampu berbicara menggunakan bahasa manusia bahkan tanpa diajari terlebih dahulu. Sementara itu monster - monster di Pokemon tidak mampu berbicara bahasa manusia. Mereka hanya mampu bersuara khas masing - masing atau menyebut namanya sendiri seperti Pikachu yang hanya bisa ber-pika - pika saja.




Fungsi Gadget

Baik di Digimon maupun Pokemon, ada satu gadget yang digunakan tokoh - tokohnya untuk berhubungan dengan monsternya masing - masing. Digivice dalam Digimon memiliki fungsi lebih banyak selain hanya sebagai alat konektifitas pemilik dengan monsternya. Digivice mampu menjadi alat pelacak, membantu evolusi monster, bahkan merubah monster jahat menjadi baik. Sementara itu Pokedex hanyalah merupakan alat untuk terkoneksi dengan monster saja serta semacam Google untuk Pokemon.






Evolusi Monster

Dalam Digimon, para monster dapat berubah untuk menjadi lebih kuat dan lebih keren. Perubahan itu akan terjadi sementara saja, jadi ketika satu monster sudah berubah menjadi bentuk terkuatnya, tidak selamnay akan berwujud seperti itu. Di sisi lain, monster di Pokemon hanya akan mengalami perubahan sekali saja ke level yang diatasnya. Jadi tidak ada yang namanya devolusi.






Tokoh Utama

Dalam Digimon, terdapat banyak anak yang menjadi tokoh utama dengan karakter dan latar belakang yang beraneka ragam. Hal ini memberi kesempatan anak - anak untuk mempunyai tokoh favorit masing - masing dengan pilihan beragam. Dalam Pokemon, hanya ada tiga tokoh sentral yang bisa dikatakan hanya Ash yang menjadi tokoh utamanya.






Karakteristik Tokoh



Dalam Digimon terdapat satu tujuan yang dijunjung oleh para tokoh utamanya yaitu menyelamatkan Dunia Digital serta planet Bumi dari monster kegelapan. Sementara itu di Pokemon, sang tokoh utama hanyalah ingin menangkap semua monster Pokemon serta mengumpulkan semua lencana yang tersedia.




Lencana Karakter



Dalam Digimon terdapat Crests yang merupakan lencana bagi para karakternya. Lencana ini menggambarkan sifat - sifat dari karakter yang memegangnya. Disamping itu lencana ini juga menjadi semacam alat bantu untuk berevolusi nantinya. Dalam Pokemon ada lencana yang disebut Gym Badges. Fungsinya menunjukkan kemampuan untuk mengalahkan leader dalam berbagai type. Namun lencana di Pokemon tidak mempengaruhi monsternya sama sekali.




Musuh Utama

Tampilan musuh yang menyeramkan terlihat dalam Digimon berupa monster kegelapan yang ingin menguasai dunia. Dalam Pokemon, kelompok musuh yang bernama Team Rocket jauh dari kesan menyeramkan. Mereka selalu gagal dalam mengacaukan rencana para tokoh utama.






Kekacauan yang Nyata

Di seri Digimon, kekacauan yang terjadi ditampilkan dengan nyata. Monster - monster yang menyeberang dari Dunia Digital membuat kekacauan dan kepanikan di Bumi terjadi dengan luar biasa menakutkan. Dalam Pokemon, tidak ada satupun kejaadian dimana ada yang terbunuh atau membunuh.






Alur Cerita



Sudah jelas bahwa dalam Digimon alur ceritanya berjalan dengan dinamis. Setiap episode menunjukan keterlibatan masing - masing karakter menuju lebih dalam ke tujuan mereka mengalahkan monster dari Dunia Digital. Dalam Pokemon, setiap episode hanya seperti ulangan dari episode sebelumnya. para tokoh utama akan selalu menghadapi gangguan dari Team Rocket yang pada akhirnya hanya akan kalah.





Nah itu tadi sedikit perbedaan mendasar dari seri film kartun anak - anak Digimon dan Pokemon. Mengenai mana yang lebih bagus, well, tentunya hal itu relatif dan setiap orang pasti berpandangan berbeda - beda.



oleh Denal Sukma Dewa (@e_Nald)

Scroll To Top