[SALUT] Musisi-musisi Hebat Ini Mengidap Gangguan Pendengaran dalam Karirnya

Telinga sebagai indera pendengaran mungkin adalah salah satu hal terpenting sebagai seorang musisi. Musik berhubungan dengan suara dan hanya dengan telinga kita bisa menangkap getarannya. Tapi siapa yang sangka kalau banyak musisi besar justru menderita gangguan pendengaran. Hal yang tentunya bikin perbedaan besar di hidup mereka, dan mungkin menjadi hambatan terbesar dalam karir. Mulai dari Phil Collins sampai sang komposer maestro Beethoven, nyatanya tidak terbebani dengan kekurangan tersebut dan tetap menghasilkan karya yang baik dan disukai banyak orang. Berikut 10 musisi ternama yang mengalami gangguan pendengaran.

1. Neil Young

Penyanyi sekaligus penulis musik peraih dua kali “Rock and Roll Hall Of Fame” ini tercatat menderita penyakit telinga tinnitus. Penyakit yang membuat penderitanya merasakan telinganya berdenging. Karena itu di era 90’an Neil Young memutuskan membuat musik akustik yang lembut.

2. Ozzy Osbourne

Legenda musik heavy metal ini menderita gangguan pendengaran yang cukup akut akibat gaya hidup negatif sekaligus pengaruh musik yang ia mainkan. Namun hingga kini, bandnya “Black Sabbath” masih mampu mengeluarkan karya yang fenomenal

3. Phill Collins

Penyanyi solo sekaligus mantan drummer band Genesis ini pada tahun 2000 dilaporkan menderita gangguan pendengaran. Ia merasa bahwa telinga sebelah kirinya tidak mampu mendengar apapun.

4. George Martin

Tidak hanya musisi yang terancam mengalami gangguan pendengaran. Namun penyakit ini juga dialami oleh produser. George Martin adalah contohnya. Ia merupakan produser band legendaris The Beatles

5. Will.i.am

Personil grup hip-hop Black Eyed Peas ini justru merasakan denging menyakitkan di telinganya saat keadaan sunyi. Tapi malah itu yang membuatnya selalu mendengar dan membuat musik setiap saat.

6. Brian Wilson

Personil “The Beach Boys” ini menderita gangguan pendengaran sejak awal karirnya dan masih bisa membuat album legendaris seperti “Pet Sounds”

7. Jeff Beck

Mantan gitaris “The Yardbirds” sekaligus penyanyi solo era 90’an ini menderita tinnitus seperti yang banyak dialami musisi rock lainnya

8. Eric Clapton

Di puncak karirnya sebagai rockstar, Eric Clapton harus menghadapi kecanduannya terhadap alkohol dan heroin serta penyakit tinnitus di telinganya. Namun ia berhasil membuktikan kapasitasnya sebagai legenda dengan melaluinya dan membuktikan bahwa ia masih bisa membuat musik yang hebat.

9. Pete Townshend

Gitaris “The Who” yang senang membanting gitar ini menderita gangguan pendengaran dan masih sanggup membuat musik yang bagus dan digemari orang. Bahkan The Who termasuk dalam jajaran musisi besar Inggris selain Beatles dan Rolling Stones.

10. Ludwig van Beethoven

Maestro komposer ini tuli sejak tahun 1814 dan masih bisa menghasilkan karya-karya komposisi agung seperti “Ninth Symphony”.

Ditulis Oleh Satrio Rizki Dharma

Scroll To Top