[Patut Disimak] Hal Menarik dari Banksy, Seniman Jalanan Paling Terkenal di Dunia

Apakah kamu pernah mendengar soal Banksy? Ia adalah seniman jalanan (street art) yang terkenal dari Inggris. Hingga kini tak seorangpun tahu identitas asli dari dirinya. Banksy menjadi terkenal setelah karya-karya mural dan grafitinya menghiasi sudut-sudut kota di Inggris bahkan dunia. Banksy juga merupakan seorang aktivis sosial. Teselip pesan perdamaian, kritik dan sosioal pada karya-karyanya yang jenaka. Ada kisah-kisah menarik yang pernah dilakukan Banksy sepanjang kiprahnya di dunia street art. Simak 10 diantaranya berikut ini:

1. Mural di Tepi Barat Palestina
Banksy menyerukan kritik terhadap agresi Israel sekaligus seruan perdamaian di tembok pemisah wilayah Israel dan Palestina di Tepi Barat dengan menggambar seorang anak yang terbang dengan balon gas seolah ingin melarikan diri dari daerah konflik tersebut. Hingga kini masih jadi misteri bagaimana ia melakukannya tanpa diserang oleh para penjaga keamanan.

2. Perang dengan "Robbo"

Robbo adalah nama seniman jalanan Inggris yang lebih dulu ada sebelum Banksy. Suatu ketika Banksy menggambar seseorang yang memegang kuas seolah ingin menghapus karya Robbo di dinding. Robbo membalasnya dengan menulis "King Robbo" di karya tersebut. Selang beberapa saat, Banksy menambahkan "FUC" di depan tulisan "King Robbo" jadi terbaca "FUCKING ROBBO" Karya ini bertahan lama hingga akhirnya Robbo diketahui menderita cedera serius di kepalanya dan tidak bisa lagi membalas Banksy.

3. Melukis Gajah

Salah satu pameran tersukses Banksy diadakan di LA. Dalam pameran itu, ia bahkan menggunakan gajah sebagai media menggambar dengan cat yang aman untuk hewan.

4. Hanksy

Banksy telah menjelma layaknya sebuah mitos atau legenda yang memiliki banyak pengikut. Salah satu yang terkenal adalah Hanksy. Hanksy melukis ulang karya-karya yang pernah dibuat Banksy namun dengan wajah yang diganti dengan aktor Tom Hanks

5. Menyelinap ke galeri seni ternama

Banksy beberapa kali tercatat pernah menyelinap dan sengaja memasang karyanya di pameran-pameran seni bergengsi di berbagai negara. Ia pernah menggantung lukisan manusia gua palsu yang membawa troli belanja di British Museum, Inggris. Ia juga melakukan hal yang sama di Galeri Tate Britain, Metropolitan Museum of Art, Museum of Modern Art, American Museum of Natural History, dan Museum Brooklyn.

6. Mengerjai Paris Hilton
Tahun 2006 ketika album debut Paris Hilton dirilis di Inggris, Banksy telah lebih dulu mengerdarkan CD Paris Hilton buatannya sendiri. Musik versi Banksy ini, semua lagu Paris Hilton diganti dengan suara yang hanya mengatakan "That's Hot". Bagian belakang CD nya bertuliskan pertanyaan satir seperti “Why am I famous?” dan “What am I for?”

7. Menjual karya bernilai $30.000 hanya dengan $60
Di bulan Oktober kemaren, seorang pria duduk di Central Park sambil menjual lukisan yang disebutnya sebagai karya asli Banksy, hanya seharga $60. Orang-orang tidak ada yang mempercayainya. Namun seketika Banksy memberi pernyataan bahwa lukisan yang dijual orang tua itu asli dan bernilai $30.000. Ia bahkan bersumpah tidak akan melakukannya lagi.

8. Pencurian Karya

Karya Banksy memang tersebar di berbagai sudut kota di dunia. Hal tersebut membuatnya rentan dicuri orang. Baru-baru ini replika Sphinx buatannya yang ada di New York telah dicuri orang. Pelakunya mengaku ditawari imbalan besar dari sebuah galeri seni ternama.

9. Kritik Terhadap Mc Donnald

Banksy membuat patung badut Ronald besar dengan seseorang yang tanpa henti menggosok sepatunya. Karya ini diletakkan di tengah kota. Orang-orang yang bertanya pada pria penggosok sepatu hanya ditanggapi dengan "Sorry, No English"

10. Identitas Asli Banksy

Ada yang bilang Banksy adalah seorang lulusan sekolah seni yang menganggur, alterego dari Damien Hirts, dan bahkan beberapa menganggap bahwa Banksy bukanlah 'seseorang' melainkan sebuah tim. Namun rumor paling deras menunjuk seseorang bernama Robin Cunningham yang konon selalu terlihat saat Banksy beraksi. Ia tidak pernah mengaku identitas aslinya, selalu memakai topeng dan semua yang merujuk tentang identitasnya hanyalah dugaan belaka.

Ditulis oleh Satrio Rizki Dharma

Scroll To Top