[NOSTALGIA] 30 Jajanan Generasi 90-an yang Bikin Kamu Senyum-senyum Sendiri

Anak-anak yang tumbuh besar pada tahun 90-an pasti tidak akan bisa melupakan jajanan yang pernah mereka beli di kantin atau warung. Dengan uang saku yang sangat terbatas (rata-rata Rp 500) dan jenis jajanan yang tidak banyak, memori ini justru sangat berkesan. 

Apa saja jajanan yang pernah kamu makan di tahun 90-an? Yuk bernostalgia dan mengingat kembali rasa jajanan tersebut melalui artikel ini. 

1. Chiki Balls

"Jangan Kebanyakan Chiki! Ntar sakit gigi!", teriak emak.

Chiki Balls adalah salah satu jajanan paling populer di tahun 90-an. Jajanan ini memiliki varian cokelat dan keju serta berhadiah tazos.

2. Anak Mas

Dulu rebutan snack ini sama kakak.

Anak Mas adalah jajanan mie berbumbu yang dijual di hampir setiap kantin sekolah pada tahun 90-an. Anak Mas membentuk kebiasaan kita untuk meremas-remas mi. Mie Kremezz merupakan generasi selanjutnya dari Anak Mas

3. Wafer Superman


Wafer Superman adalah jajanan tahun 90-an yang masih bertahan hingga saat ini. Wafer berbalut cokelat ini merupakan pelopor dari munculnya wafer Superstar.

Pernah ya Pizna jatuh karena lagi lari-lari sama temen. Nangis deh. Terus cinta monyet Pizna waktu itu nyamperin dan bilang,"Ini makan dulu. Biar kuat kayak Superman." :')

4. Permen Karet Yosan


Permen Karet Yosan adalah permen karet yang dapat ditukar dengan hadiah apabila kamu menukar 5 bungkus kertasnya yang bertuliskan huruf Y-O-S-A-N.

Dan yang paling susah didapetin tu huruf N. Konon, sebenernya huruf N itu tidak pernah diproduksi.

"Kamu tu kayak huruf N di permen karet YOSAN. Ga mungkin didapetin."
Sandi, 24 tahun. Stres karena di-PHP-in YOSAN. 

5. Permen Sugus


Permen Sugus adalah permen beraneka rasa yang dijual murah meriah di berbagai toko. Suara kresek-kresek saat kemasannya diremas itu sangat memorable. Ada yang masih inget aromanya?

6. Permen Payung



Permen Payung adalah pemen cokelat berbentuk kerucut seperti payung yang sedang ditutup.
"Kalo ujan, tiba-tiba ngedeketin doi terus bilang,"Eh, ujan. Yuk, payungan!" sambil ngankat permen payung di atas kepala."
Andi. Dulunya tukang modus. Sekarang jadi tukang ojek permen payung 
7. Nano Nano


Nano Nano adalah permen unik yang memiliki rasa manis, asam, sekaligus asin.
Ngemut permen ini kayak jatuh cinta. Rame rasanya!

8. Permen Rokok


Permen Rokok adalah permen cokelat berbungkus kertas yang menyerupai rokok sedang disulut api. Pernah dimarahin guru gara-gara dikira merokok beneran. Dan sekali-kali sok nakal di depan si cimon (cinta monyet). Ngisep permen ini kayak preman yang lagi ngrokok.

9. Cokelat Jago

Add caption

Cokelat Jago adalah cokelat murah yang identik dengan bungkusnya yang bergambar ayam jago.

10. Krip Krip


Krip Krip adalah jajanan berupa mie kering yang dikemas dalam bungkus imut dan mungil. Di tempat Pizna dulu ga ada yang jualan ini deh. Duh, Masa Kecil Kurang Bahagia nih :'(

11. Kenji


Kenji adalah jajanan mirip Taro yang identik dengan bungkusnya yang bergambar Koboi kocak. Dulu sering main peran nih sama temen-temen Pizna. Kalo dia udah jadi Taro, Pizna yang jadi Kenji. Absurdnya masa kecil :')

12. Cokelat Koin

Nih, aku bayar pake emas!

Cokelat Koin adalah permen cokelat berbentuk bundar yang dibungkus dengan kertas emas menyerupai koin uang.

13. Snack Gulai Ayam

Ngaku! Ada yang pernah dapet hadiahnya????

Snack Gulai Ayam adalah jajanan mirip Chiki Balls, namun memiliki rasa khas yaitu gulai ayam.

14. Choyo Choyo



Choyo Choyo adalah jajanan cokelat colek yang juga memiliki varian rasa vanila dan stroberi.

Tulisan boleh Choyo-choyo. Nyebutnya tetep Choki-choki
Ujang. Pecinta Choki-choki kelas berat 

15. Tic Tic


Tic Tic adalah jajanan asin berbentuk seperti korek api. Kalo lagi ngirit, makannya dari dikit-dikit banget. Satu stick aja bisa tiga kali gigitan.

16. Pop Rocks


Pop Rocks adalah jajanan permen yang rasanya meledak-ledak dimulut.

17. Anak Mamee


Anak Mamee adalah jajanan mie kering yang cara memakannya harus diremas dalam kemasannya terlebih dahulu. Emm.. Kira-kira Anak Mas vs Anak Mamee bakal menang mana ya?

18. Permen Hot Pop

Ih, kaki kok dimakan!?

Permen Hot Pop adalah permen lolipop berbentuk kaki berwarna merah.

19. Jagoan Neon

Jagoan sejati. Membuat 'Pendekar Biru' tak berarti

Jagoan Neon adalah permen lolipop beraneka rasa yang bisa membuat lidahmu berwarna-warna.

20. Tini Wini Biti

Apa cuma Pizna yang mainin bebek dulu baru dimakan?

Tini Wini Biti adalah jajanan berbentuk binatang yang mempunyai varian rasa manis dan asin.

21. Permen Dreamy


Permen Dreamy adalah permen mungil yang memiliki varian rasa beragam seperti Cola, Black Forest, Buah, Susu, dan Mint.

22. Permen Bolong Semprit


Permen Bolong Semprit adalah permen mint berbentuk donat yang bisa digunakan untuk bersiul.
Dulu udah keren kalo bisa nyiulin cewek. Walau dibantu Permen Bolong.

23. Mie Goreng & Snack Ribut


Mie Goreng & Snack Ribut adalah jajanan kering dan asin yang dijual dalam kemasan mungil.

24. Taro

Taro adalah jajanan yang populer dengan rasa khasnya yaitu rumput laut. Jajanan ini bertahan lama di pasaran hingga saat ini.

25. Mie Gemez

Mie Gemez adalah jajanan berupa mie kering yang identik dengan kemasan bergambar anak botak seperti Boboho.

26. Mie Lidi


Mie Lidi adalah jajanan berbentuk lidi yang diberi bumbu bubuk asin atau pedas.

27. Jamu Buyung Upik


Jamu Buyung Upik adalah jamu dalam kemasan imut yang mempunyai rasa manis dan aroma temulawak.

28. Potato Tube


Potato Tube adalah jajanan rasa kentang berbentuk pipa yang memiliki harga sangat murah.

29. Twistiko


Twistiko adalah jajanan yang memiliki rasa jagung dan berhadiah berbagai penghapus lucu.

30. Permen Strawberry 



Permen Strawberry adalah permen yang mirip dengan tablet vitamin dengan rasa strawberry.

Mana nih snack favoritmu?


Scroll To Top