[NOSTALGIA] Serial Tokusatsu Populer di Indonesia Era 90an

Tokusatsu merupakan sebutan dalam bahasa Jepang yang pada dasarnya digunakan untuk mengelompokkan serial TV yang menggunakan efek - efek khusus dalam pembuatannya. Serial - serial yang termasuk dalam kategori ini seperti Kamen Rider serta Metal Hero. Nah di era tahun 90an ada beberapa serial Tokusatsu yang secara resmi ditayangkan oleh TV nasional Indonesia. Tidak bisa dipungkiri pada saat itu tokoh - tokoh dari serial Tokusatsu tersebut langsung digandrunvgi oleh anak - anak. Berikut beberapa diantaranya.


Janperson

Seri Metal Hero yang berjudul janperson ini mengisahkan petualangan satu robot detektif berwarna ungu yang berjuang melawan organisasi kejahatan yang beroperasi di sekitar kota Tokyo. Seri ini dibuat oleh Toei pada tahun 1993. Persenjataan serta peralatan yang canggih pada saat itu digunakan untuk membantu janperson dalam menyelesaikan tugas - tuhasnya melindungi masyarakat. Total terdapat 50 episode dari Janperson.



Jiban

Seperti halnya Janperson, Jiban juga merupakan satu serial Tokusatsu yang termasuk kelompok Metal Hero. Jiban sangatlah populer pada saat penayangannya di salah satu TV swasta Indonesia. Sepanjang 52 episode Jiban mengisahkan seorang polisi berna naoto Tamuro yang tewas dan kemudian dibangkitkan kembali oleh Dokter Kenzo Igarashi menjadi seorang polisi cyborg. Sedikit konsepnya diambil dari Robocop.



Winspector

Masih dari lini Metal Hero ada pula Winspector. Dengan tiha tokoh utama yang berwarna merah, hijau, serta kuning, Winspector merupakan satu kelompok polisi yang bertugas menangkap serta menghadapi segala rencana jahat dari musuh - musuh yang mengancam Jepang. Satu tokoh utamanya merupakan manusia yang bernama Ryoma Kagawa sedangkan dua tokoh lainnya merupakan robot. Total terdapat 49 episode dari petualangan Winspeector di TV.



Metalder

Satu lagi seri metal Hero yang cukup populer di Indonesia di era 90an adalah Metalder. Selama 39 episode dari metalder, sang tokoh utama Ryusei Tsurugi yang sebenarnya merupakan penyamaran satu android hasil karya Dokter Ryuichiro Koga berjibaku melawan Neros Empire. Neros Empire merupakan satu organisasi jahat yang mengepalai seluruh kegiatan kriminal di dunia pada saat itu. Bersama para rekan yang membantunya, petualangan Metalder terbukti memikat banyak anak kecil di Indonesia saat penayangannya.



Kamen Rider Super-1

Beralih ke seri kamen rider, astu serinya adalah kamen rider Super-1 yang dulu sempat ditayangkan di TV Indonesia. Aslinya merupakan seri Kamen rider ketujuh dari Toei. Bercerita tentang seorang Kazuya Oki yang bersedia menjalani operasi untuk menjadikannya seorang astronot super yang mampu berada dan bertahan di luar angkasa tanpa basju astronot. Setelah sukses dioperasi ternyata Dogma Kingdom menyerang markas atau tempatnya dioperasi dan hanya dia yang selamat. Selama 48 episode seri Kamen Rider Super-1 menampilkan usahanya untuk membalaskan kematian semua orang dalam serangan Dogma Kingdom tersebut.



Kamen Rider Black RX

Nah satu nama ini dahulu sangatlah populer di Indonesia. Merupakan satu dari seri Kamen Rider yang kemudian di Indonesia dikenal sebagai Ksatria Baja Hitam RX. Dalam total 47 episode dari seri ini, diceritakan bahwa Kotaro Minami yang menjadi pilot helikopter diculik oreh Crisis Empire dan diajak bergabung. Ketika menolak dia dilempar keluar angkasa yang membuatnya terkena radiasi Matahari dan ternyata merubahnya menjadi Kamen Rider Black RX. Pedang ikonik yang keluar dari sabuknya serta tendangan maut merupakan hal yang tidak bisa dilupakan dari seri ini.



Jiraiya

Seri Jiraiya juga merupakan salah satu Metal Hero dari Toei yang menceritakan petualangan para ninja. Toha Yamaji yang merupakan tokoh utama dari seri ini mendapat kepercayaan menggunakan Jiraiya Suit untuk melawan master - master ninja dari seluruh dunia dengan kekuatan unik masing - masing ninja. Dalam 50 episode yang ditayangkan berbagai pertempuran berhasil dimenangkan oleh Jiraiya yang ditampilkan dengan sangat menarik di kala itu.



Turborangers

Merupakan satu dari seri Super Sentai, Turborangers ditayangklan di Indonesia dengan judul Pasukan Turbo. Seperti Super Sentai yang lain, terdapat lima tokoh utama yang mampu berubah wujud dalam lima warna berbeda. Riki Honoo, Daichi Yamagata, Yohei Hama, Shunsuke Hino, serta Haruna Morikawa merupakan lima siswa SMA yang menjadi Turborangers. Mereka berjuang menyelamatkan bumi dari Boma Tribes yang lepas dari kurungan mereka karena kekuatan yang mengunci mereka melemah.



Power Rangers

Untuk seri satu ini merupakan versi Amerika dari versi aslinya yang berasal dari jepang. Di indonesia seri ini lebih populer dibanding versi aslinya. Dalam versi Amerikan ini pada dasarnya terdapat beberapa seri Jepang yang digabung menjadi satu. Total ada 3 musim penayangan dari seri Amerika dari Super Sentai yang di Jepamng dikenal sebagai Zyuranger pada awalnya. Menceritakan lima orang remaja dari Angel Groove yang mendapat kekuatan untuk berubah menjadi Power Rangers dengan kekuatan hewan - hewan zaman prasejarah untuk melawan musuh - musuh mereka seperti Rita Repulsa dan Goldar. Satu film layar lebarnya pun dibuat untuk merayakan kesuksesan seri ini dulunya.



Nah itu tadi beberapa dari seri seri tokusatsu ataupun adaptasinya yang dulu ditayangkan di TV Indonesia dan sangatlah populer. Sangat disayangkan bahwa saat ini film - film seperit itu sudah tidak lagi ada di TV Indonesia. Sekarang yang ada hanyalah sinetron - sinetron lokal serta acara - acara hiburan dan juga berita - berita seputar selebritis. Well, mungkin bisa dibenarkan bahwa era 90an jauh lebih menarik dari sekarang.



oleh Denal Sukma Dewa (@e_Nald)

Scroll To Top