[Ngiler Ni Yeee..] Junk-Food dari Berbagai Negara yang Wajib Kamu Coba

Junk-food alias makanan cepat saji banyak disukai karena penyajiannya yang praktis, ngga ribet, rasanya enak juga tetep bikin kenyang. Tiap negara punya junk-food khas mereka masing-masing. Beberapa diantaranya mungkin udah banyak dijual di kedai-kedai atau foodcourt terdekat, dan udah sempat mampir di lidah kamu. Biar bikin kamu makin ngiler, intip dulu junk-food khas dari berbagai negara berikut ini.

1. Pierogi

Junk-food khas Polandia ini terbuat dari adonan beragi yang mirip pangsit. Proses pembuatanya diawali dengan merebus adonan tersebut kemudian menggorengnya dengan mentega dan bawang setelah adonan tersebut diisi dengan kentang, kubis, keju, daging dan potongan buah.

2. Sushi

Makanan khas Jepang satu ini mungkin udah sering banget kamu cicipin. Potongan ikan yang dibungkus dengan nasi dan rumput laut kering ini emang udah mendunia. Kini bahkan sushi sudah mulai dikreasikan dengan resep yang lebih modern.

3. Lumpia

Ini adalah makanan yang bisa kamu temui di beberapa negara di Asia Timur dan Tenggara. Cara penyajian, resep dan isinya bisa beragam tergantung daerah asal dan selera. Lumpia bisa digoreng, dipanggang atau direbut. Rasanya juga bisa berubah tergantung selera, pedas, manis atau gurih.

4. Burrito

Makanan khas Meksiko ini juga sering disebut "Taco de Haring". Terbuat dari roti tortilla (tepung jagung) gulung yang diisi dengan berbagai bahan seperti nasi, kacang, selada, daging dan alpukat.

5. Fish and Chips


Junk food asal Inggris ini juga udah lumayan dikenal di beberapa cafe dan restoran di Indonesia. Seperti namanya, makanan ini menyajikan ikan yang  digoreng dengan tepung, untuk kemudian disiram dengan air garam dan cuka. Keripik ditambahkan sebagai pelengkap.

6. Croissant

Roti Perancis ini sering disebut juga "roti bulan sabit". Biasanya disajikan untuk sarapan atau makan malam sebagai roti kering yang hambar. Namun penyajian Croissant juga bisa divariasikan dengan berbagai macam isian seperti, ham, keju, sayuran atau cokelat lumer.

7. Souvlaki

Konon makanan ini sudah ada sejak zaman para filsuf Yunani kuno. Souvlaki terdiri dari daging panggang berbentuk dadu yang ditusuk seperti sate, dihiasi dengan irisan tomat, tzatziki (campuran mentimun, yoghurt dan bawang putih) dan sering kali disajikan dengan roti pita.

8. Hamburger

Orang-orang sering salah mengira bahwa makanan ini berasal dari Amerika Serikat. Memang makanan ini berkembang dan populer di sana, namun Hamburger sebenarnya berasal dari Jerman. Namanya merujuk dari kota "Hamburg", kota terbesar kedua di Jerman.

9. Pizza

Kamu kayaknya udah lebih tau pizza daripada kami, Hehe. Makanan asli Italia ini konon memiliki rasa yang lebih baik di negara lain seperti Amerika ketimbang di negara mereka sendiri.

10. French Fries

Alias kentang goreng. Cemilan favorit buat nongkrong atau bisa jadi temen setia pengganti nasi. Siapa sangka makanan praktis dan lezat ini berasal dari Belgia. Konon ketika Nazi berkuasa di Eropa, Hitler pernah melarang makanan ini karena dianggap sebagai sumber nutrisi yang baik sekaligus praktis disajikan.

Ditulis oleh Satrio Rizki Dharma

Scroll To Top