[NGERI] Kisah-kisah Tragis Di Balik Lagu Rock Nge-Hits

Jika kamu seorang penggemar musik rock, kamu harusnya udah lebih dulu tahu kalau musik rock identik dengan sesuatu yang cadas, keras, perkasa, liar namun menyenangkan. Tapi siapa sangka, beberapa musisi rock ternama pernah membuat lagu hits yang diambil dari kejadian tragis yang benar-benar pernah terjadi baik yang menimpa mereka secara langsung ataupun tidak langsung. Ada baiknya kamu menyimak kisah dibalik lagu-lagu ini sebelum teriak are you ready to roockkk?? Saat membawakannya baik di panggung atau di kamar mandi.

1. The Beatles – A Day In The Life

Lagu yang dirilis tahun 1967 oleh grup musik legendaris paling digemari di dunia saat itu, The Beatles ini diambil dari kejadian tragis yang menimpa seseorang bernama Tara Brown. Ia adalah salah seorang teman dari The Beatles yang meninggal karena kecelakaan saat mengendarai mobil sport. Liriknya yang berbunyi “I read the news today, oh boy / About a lucky man who made the grade,” ditulis John Lennon setelah membaca koran yang memberitakan kematian Tara Brown. Tara menabrak truk yang sedang diparkir karena terlambat menyadari lampu lalu lintas yang berubah warna

2. The Doors – Peace Frog

The Doors adalah rock legendaris Amerika yang identik dengan sosok kharismatik Jim Morrisson sang vokalis yang tidak hanya piawai bernyanyi namun juga berpuisi. Peace Frog dibuat tahun 1973 dan ditengah lagunya Jim bernyanyi dengan nada serius: “Indians scattered on dawn’s highway, bleeding / Ghosts crowd the young child’s fragile, eggshell mind,” Bait ini menggambarkan Jim yang saat itu masih berusia 4 tahun harus melihat kecelakaan mobil yang menewaskan banyak suku Indian dan mayatnya berserakan di jalanan.

3. Neutral Milk Hotel – In The Aeroplane Over The Sea

Jeff Mangum pentolan band ini menulis satu album yang terinspirasi oleh buku harian Anne Frank, gadis cilik yang jadi korban holocaust saat Perang Dunia II. Suara Mangum yang terdengar sedih bernyanyi diiringi petikan gitar yang samar-samar namun menyayat seolah menggambarkan kengerian yang dialami Anne Frank saat rumahnya diserbu tentara Nazi. “There are lights in the clouds / Anna’s ghost all around / Hear her voice as it’s rolling and ringing through me.”

4. The Fray – Heartbeat

Meski lagu ini memiliki irama yang riang dan easy listening, ada cerita tragis dibalik lirik-liriknya. Band yang dibentuk tahun 2002 di Denver, Amerika Serikat ini mencoba berkisah mengenai pembantaian di Rwanda yang menewaskan 800.000 orang dalam waktu 100 hari. Pesan perdamaian disisipkan pada lagu ini melalui baris yang berbunyi “If you can love somebody, love them all the same.”

5. Blink-182 – Adam’s Song

Nah ini band yang dijamin kamu semua pada tau dan mungkin banyak juga yang suka sama mereka. Trio pop punk asal AS ini memang terkenal dengan lagu-lagu dan tingkah laku mereka yang jahil. Di balik kejahilannya, salah satu lagu mereka yang berjudul “Adam’s Song” punya kisah tragis yang menginspirasi pembuatannya bahkan ada kejadian mengerikan yang terjadi setelah lagu ini dirilis. Lagu itu ditulis setelah band ini menerima pesan bunuh diri dari salah seorang penggemarnya. Untunglah orang tersebut tidak jadi bunuh diri. Tapi kengerian belum usai karena di pertengahan 2000, Greg Barnes remaja berusia 17 tahun ditemukan gantung diri di garasi rumahnya sambil memutar lagu ini.

6. Bruce Springsteen – Nebraska

Di lagu ini musisi rocker gaek tersebut bernyanyi “I saw her standin’ on her front lawn just a twirlin’ her baton / Me and her went for a ride, sir and 10 innocent people died,” Springsteen mengaku membuat lagu ini setelah menonton film “Badlands” yang mengisahkan tentang seorang pembunuh berantai bernama Charles Starkweather yang membunuh 11 gadis remaja di Nebraska.

7. Eric Clapton – Tears In Heaven

Lagu hits milik penyanyi sekaligus gitaris handal asal Inggris ini punya cerita menyedihkan yang ternyata dialami oleh Eric sendiri. Lagu ini adalah wujud kesedihan dari Eric setelah putranya yang baru berusia 4 tahun, Conor terjatuh dari apartemen miliknya di tahun 1991. Baris “Would you know my name / If I saw you in heaven?” dan “I must be strong / And carry on / ‘Cause I know I don’t belong / Here in heaven.” Menggambarkan begitu dalamnya kesedihan yang dialaminya.

8. Nirvana – Polly

Kurt Cobain sang gitaris sekaligus vokalis band ini terkenal sangat terobsesi dengan hal-hal berbau kematian sebelum ia akhirnya mengakhiri hidupnya sendiri di tahun 1994. Lagu balada yang dibuat tahun 1991 ini ditulis setelah Kurt membaca berita di koran tentang gadis 14 tahun yang tewas karena diculik dan disiksa secara seksual.

9. U2 – Sunday Bloody Sunday

Sang frontman U2, Bono mendapat inspirasi membuat lagu ini dari sebuah peristiwa yang terjadi tanggal 30 Januari 1972. Saat itu yang terjadi adalah tentara Inggris menembaki sekelompok pengunjuk rasa tidak bersenjata yang sedang berdemonstrasi menyuarakan hak-hak sipil di Irlandia Utara.

10. Pearl Jam – Jeremy

Nah yang satu ini band favoritku! Hehehe. Band grunge ini menulis lagu yang bernada marah mengenai anak kecil yang kurang mendapat perhatian dan kasih sayang dari orang tuanya. Eddie Vedder sang vokalis, menulis lagu ini setelah membaca berita di koran tentang seorang anak yang bunuh diri dengan pistol di depan kelasnya. Video musiknya agak juga serem, sampai-sampai pernah di-banned karena dianggap menyebarkan pesan bunuh diri.

Ditulis oleh: Satrio Rizki Dharma

Scroll To Top