Ini Lho 9 Negara dengan Penderita AIDS Terbanyak di Dunia

AIDS atau Acquired Immune Deficiency Syndrome merupakan infeksi yang disebabkan penurunan kekebalan tubuh karena adanya serangan suatu virus yang disebut HIV. AIDS bisa ditularkan lewat hubungan seksual, kontaminasi melalui aliran darah, dan penularan dari ibu ke anak yang dikandungnya. AIDS diketahui menjadi pembunuh yang paling mengerikan di dunia ini. Cari tahu yuk negara mana saja yang memiliki penduduk dengan penderita AIDS terbanyak di dunia!



Afrika Selatan


Negara yang pernah menjadi tuan rumah piala dunia ini ternyata menduduki peringkat pertama jumlah penduduk penderita AIDS terbanyak. Tercatat sebanyak 5.600.000 penduduknya menderita penyakit ini.


Nigeria


Nigeria memiliki 3.300.000 penduduk yang menderita AIDS terbanyak setelah Afrika Selatan. Penyebaran AIDS di negara ini diketahui merata di beberapa daerah dengan penyebab penularan yang berbeda-beda.


India


Negara yang terkenal dengan film, lagu, dan jogetannya ini memiliki sekitar 2.400.000 penduduk yang menderita penyakit AIDS. Angka ini sebenarnya lebih rendah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya namun tetap membuat India menjadi salah satu negara dengan penderita AIDS terbanyak.


Kenya


Kenya tercatat memiliki 1.500.000 penduduk dengan AIDS. Negara yang terletak di benua Afrika bagian timur ini tercatat memiliki 80.000 penduduk yang meningal setiap tahunnya karena AIDS.


Mozambik


Mozambik adalah salah satu negara yang turut menyumbang jumlah penderita AIDS untuk benua Afrika. Negara yang terletak di bagian selatan benua Afrika ini tercatat memiliki 1.400.000 penduduk yang terjangkit penyakit AIDS.


Zimbabwe


Masih dari benua Afrika, Zimbabwe menempati peringkat berikutnya dengan jumlah penderita AIDS sebanyak 1.200.000.


Amerika Serikat


Negara yang dikenal dengan kegagahannya di dunia ini ternyata memiliki jumlah penderita AIDS yang cukup tinggi. Diketahui Amerika Serikat memiliki 1.148.200 penderita AIDS yang sebagian besar ditemukan di daerah pesisir.


Kongo


Kembali lagi ke benua Afrika, Kongo menjadi salah satu negara dengan penderita AIDS terbanyak yaitu 1.100.000 penduduk. Penularan AIDS di negara ini diketahui sebagian besar karena hubungan seks tanpa kondom.


Swaziland


Negara yang ada di bagian selatan benua Afrika ini ikut menambah jumlah penderita AIDS meskipun tidak sebanyak negara-negara di Afrika lainnya. Tercatat ada 180.000 penduduk Swaziland yang menderita penyakit AIDS.

Adelina Mayang

Scroll To Top