Makna Tersembunyi dari Logo Perusahaan Terkenal yang Jarang Diketahui

Kita sering melihatnya, bahkan kita juga pernah menggunakan produk/jasanya. Tapi selalu ada yang terlewat dari pandangan mata ketika kita melihat logonya. Logo perusahaan adalah sebuah identitas. Selalu ada alasan dan makna kenapa logo tersebut di buat. Mungkin kamu tidak menyadarinya tapi, tahukah kamu bahwa hal tersebut begitu mempengaruhimu dan jutaan orang di luar sana?

1. Logo FedEx menunjukkan betapa cepatnya mereka bekerja

Sepintas tidak ada yang istimewa dari logo perusahaan jasa pengiriman ini. Logo itu hanya menampilkan tulisan "Fed" berwarna ungu dan Ex berwarna merah. Tapi coba lihat lagi dengan seksama, gabungan huruf "E" dan "x" di logo tersebut membentuk tanda panah yang menunjukkan pada tingkat bawah sadar tentang seberapa cepat mereka bekerja.

2. Logo McDonnald yang selalu membuat kita lapar

Mungkin selama ini kita menyadari bahwa logo berupa 2 lengkungan besar berwarna kuning ini membentuk huruf "M". Tapi tahukah kamu bahwa tahun 1960, perusahaan ini sempat terpikir untuk mengganti logonya sebelum seorang psikolog bernama Louis Cheskin melarang perubahan logo. Menurut Cheskin logo M menyerupai payudara seorang ibu yang menghasilkan efek psikologis alami membuat siapa saja yang melihat merasa lapar.

3. Sejarah London di Logo Museum of London

Logo berwarna-warni dari museum London ini sebenarnya adalah peta sejarah kota London jika ditinjau secara geografis. Kalau mengerti artinya, itu sama dengan kuliah singkat tentang sejarah kota London.

4. Adidas yang logonya mendorong kita untuk berusaha keras

Produsen aksesoris olahraga ini memiliki logo terbaru berupa segitiga dengan tiga garis. Bentuk segitiga tersebut sebenarnya melambangkan sebuah gunung yang memerlukan kerja keras untuk bisa meraih puncaknya. Seperti seseorang yang harus berusaha keras dalam hidup untuk meraih tujuan.

5. Berlian yang brilian milik Toyota

Tiga berlian yang jadi logo Toyota memiliki makna, kehandalan, integritas dan kesuksesan. Warna merah yang mereka gunakan pada logo tersebut juga melambangkan kepercayaan diri dalam menarik pelanggan.

6. Google sang pemberontak

Sepintas tidak ada yang istimewa dari logo Google. Hanya tulisan "Google" dengan huruf berwarna-warni. Tidak ada pola khusus dalam bentuk atau warnanya. Hal ini melambangkan Google yang bertindak secara fleksibel dan seolah tanpa pola, mendobrak segala aturan. Namun hasilnya selalu efektif.

7. Logo Animal Planet yang menonjolkan keliaran

Logo ini menggantikan logo lama mereka yang bergambar gajah. Tidakkah logo mereka yang memperlihatkan huruf ditumpuk-tumpuk berwarna hijau rumput ini mengesankan sesuatu yang liar?

8. Merak warna-warni di logo NBC

Jika kamu selalu berfikir logo tersebut diambil dari bentuk pelangi, maka kamu salah besar. Perhatikan dengan seksama karena NBC menggunakan burung merak sebagai objek pembuatan logo. Merak sebagai hewan berwarna-warni, secara tidak langsung mengajak orang-orang untuk mulai membeli televisi berwarna.

9. Senyum dan keanekaragaman di logo Amazon

Perhatikan logo amazon ini dengan seksama karena dibalik kesederhanaannya ada beberapa makna yang mendalam di logo ini. Garis kuning tersebut berfungsi sebagai panah yang dimulai dari huruf "a" dan berakhir di huruf "z", yang seolah ingin menyampaikan "amazon menyediakan semuanya dari a-z". Selain itu garis tersebut juga bisa dilihat layaknya mulut orang yang sedang tersenyum dengan dua huruf "a" berfungsi sebagai mata.

10. Logo Pepsi yang mewakili segalanya

Warna merah biru dan putih pada logo Pepsi merupakan warna yang sama yang digunakan di bendera Amerika. Konon logo baru Pepsi menggambarkan berbagai hal di alam semesta termasuk teori Pythagoras, medan magnet bumi, relativitas, geodinamis dan masih banyak lagi.

Ditulis oleh Satrio Rizki Dharma

Scroll To Top