Mahasiswa Tahun 90'an vs Mahasiswa Milenium

Penasaran nggak sih sama kehidupan mahasiswa tahun 90'an? Pasti ada dong bedanya sama kita yang hidup di jaman sekarang. Mulai dari gaya berpakaian, tempat nongkrong, sampai gaya bergaulnya pasti berbeda. Cari tahu yuk apa saja perbedaannya!



Pager


Pada tahun 90'an pager menjadi primadona di kalangan anak kuliahan. Mereka biasa bertukar pin pager untuk berkomunikasi. Agak ribet sih, tapi cukup menolong untuk berkomunikasi di masa itu.


Smartphone


Sekarang hampir semua mahasiswa punya smartphone, tablet, iPad, dan gadget canggih lainnya. Komunikasi semakin lancar dan mahasiswa menjadi semakin mudah mencari informasi. Kalau dimanfaatkan dengan baik semua gadget ini bisa menjadi fasilitas yang baik untuk belajar di kampus.


Photo Box


Di tahun 90'an, biasanya segerombolan mahasiswa akan pergi jalan-jalan dan menyempatkan diri untuk mampir ke Photo Box. Masih ingat kan dengan ruangan kecil berbentuk kotak seukuran kamar mandi yang ada latar belakang dan kameranya?


Tongsis


Sekarang anak kuliahan biasa jalan-jalan sambil membawa tongsis. Yup...sepertinya tongsis sudah menjadi barang bawaan wajib bagi mereka. Alat ini memfasilitasi anak kuliahan jaman sekarang untuk ber-selfie ria.


Internet Relay Chat


Jaman 90'an anak kuliahan akrab sekali dengan yang namanya Internet Relay Chat atau IRC. Ini media chatting yang sangat populer di masa itu. Mungkin ada yang masih ingat dengan ciri khas pembukaan chatting dengan mengetik 'asl please'.


Line, WhatsApp, BBM


Sekarang sudah ada banyak media chatting yang lebih mudah dan tidak serumit IRC. Mulai dari line, BBM, WhatsApp, dan masih banyak lagi yang lain. Ini sangat memudahkan mahasiswa jaman sekarang untuk berkomunikasi.


Tamagochi


Masih ingat dengan benda yang satu ini? Pada tahun 90'an benda ini menjadi salah satu hiburan yang seru. Tamagochi adalah permainan memelihara hewan, bendanya kecil dan bisa dibawa kemana-mana.


Let's Get Rich


Hayo ngaku siapa yang keranjingan main ini? Sekarang game ini sangat populer di kalangan mahasiswa. Lagi kuliah aja banyak yang ketahuan asyik main game yang satu ini. Let's Get Rich adalah salah satu game keluaran Line dengan bentuk permainan monopoli yang bikin ketagihan.


Ngobrol bareng


Mahasiswa tahun 90'an biasanya menyempatkan waktu untuk kumpul lalu ngobrol bareng. Entah ngobrolin cowok, temen sekampus, mata kuliah, atau dosen.


Main gadget bareng


Nah, jaman sekarang sering sekali ditemui segerombolan mahasiswa asyik dengan gadget masing-masing. Heran juga sih, mereka duduk menggerombol tapi sibuk dengan gadget di tangan mereka. Hmm...sepertinya harus diperbaiki ya kehidupan sosial mahasiswa yang seperti ini. Kalau begini kan yang jauh jadi dekat tapi yang dekat jadi jauh.

Adelina Mayang

Scroll To Top