[Mahasiswa Masuk] Hidup Hemat Saat BBM Naik Justru Bisa Bikin Kamu Makin Keren!

Satu hal yang sedang ramai di perbincangkan saat ini tentunya adalah kenaikkan harga BBM (bahan bakar minyak) bersubsidi. Seperti yang sudah - sudah, hal ini selalu memicu pro dan kontra di kalangan masyarakat termasuk mahasiswa. Bagaimana tidak, mahasiswa selalu diidentikkan dengan kelompok yang serba pas - pasan. Tentunya dengan harga BBM naik bisa jadi mahasiswa akan semakin pas - pasan karena jatah untuk membeli BBM harus ditambah padahal jatah uang yang didapat belum tentu ditambah.



Nah, menyikapi kenaikkan BBM khususnya bagi para mahasiswa dengan uang bulanan pas - pasan, tentunya ada beberapa hal yang tetap masih bisa dilakukan agar para mahasiswa bisa tetap "enjoy" dalah kesehariannya seiring kenaikkan harga BBM yang memang sudah tidak terelakkan lagi. Bahkan dengan kenaikkan BBM ini mahasiswa justru bisa menjadi pribadi yang lebih berkualitas. Ini dia hal - hal yang harus dilakukan mahasiswa untuk menyikapi kenaikkan harga BBM agar tetap "enjoy".


BBM mahal, otomatis kamu bakal lebih sering jalan kaki atau naik sepeda. Jadinya nggak manja


Semakin lama mahasiswa semakin terlihat manja khususnya dalam hal transportasi. Ini terbukti dengan semakin penuhnya tempat parkir motor atau mobil di kampus - kampus. Banyak mahasiswa yang bahkan tinggal di kost yang hanya berjarak beberapa ratus meter saja tetap menggunakan motor untuk kekampus dengan alasan "biar nggak telat" atau "capek jalan kaki". Hal seperti ini harus mulai dikurangi dan dihilangkan pada akhirnya. Jika memang jarak kos ke kampus tidak jauh, cobalah untuk mulai berhemat dalam pengeluaran BBM dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda. Hal ini bisa melatih mental juga agar tidak manja kedepannya dan juga menyehatkan, betul bukan?


BBM Mahal? Naik fasilitas umum dong! Kamu pasti bakal lebih care dalam memakai fasilitas publik

Di beberapa kota di Indonesia, transportasi umum sudah disediakan dengan baik sehingga dapat dimanfaatkan salah satunya oleh mahasiswa. Tentunya biaya transportasi umum itu sendiri lebih murah khususnya untuk bepergian dengan jarak yang cukup jauh karena biasanya transportasi umum semacam bus hanya akan mengenakan satu tarif untuk jauh ataupun dekat. Karena biasa pakai fasilitas umum, kamu ga bakal seenaknya lagi. Kamu bakal lebih peduli dan ikut memiliki fasilitas-fasilitas yang disediakan pemerintahan.


Uang makan ikut naik? Belajar masak biar lebih hemat!


Nah ini juga penting banget untuk dilakukan mahasiswa ketika BBM naik. Uang makan adalah pengeluaran yang harus selalu diperhitungkan oleh mahasiswa. Ketika harus berhemat, alangkah baiknya jika keperluan makan itu bisa tercukupi hanya dengan memasak makanan sendiri.

Ok, bahan-bahan masakan emang ikut naik, tapi se-enggaknya masih lebih murah daripada beli jadi, dan yang pasti lebih sehat. Lagipula keterampilan memasak juga akan berguna terus sampai masa depan. Satu lagi, di zaman sekarang, cowok yang bisa masak itu keren loh!


BBM naik, kamu pasti bakal mikir untuk mengurangi jalan-jalan dan nongkrong-nongkrong yang nggak jelas


Jalan -jalan dan juga nongkrong bareng temen itu sudah pasti merupakan satu "lifestyle" dari banyak mahasiswa. Ketika tidak mengikuti hal ini maka seolah dunia mereka menjadi berbeda dengan yang lain. Siapa bilang? Jalan - jalan serta nongkrong hanya akan menambah pengeluaran yang kalau mau ditelusuri juntrungnya pasti nggak akan ada hasil konkritnya. So, kurangin jalan - jalan dan juga nongkrong.

Ganti hal ini dengan aktivitas positif dan nongkrong yang lebih berguna. Misal nongkrong di kampus, ngerjain tugas kuliah. Atau malah stay di kosan, ngeberesin kamar kos biar lebih rapi.

BBM naik, perlu uang tambahan? Kamu pasti bakal mikir untuk cari kerja sambilan



Yang namanya kerja sambilan atau yang populer dengan sebutan "part-time" itu sebetulnya juga sangat erat dengan mahasiswa. Banyak mahasiswa yang sudah paham betul akan hal ini dan memang memanfaatkan hasilnya dengan baik, Menyikapi BBM naik, cobalah untuk mulai cari - cari lowongan "part-time" yang biasanya bervariasi mulai dari "customer service" sampai "waiters atau waitress". Siapa tau juga bisa sedikit menabung dari gaji yang diterima?


Kamu bakal lebih sering mencari fasilitas gratisan, sehingga akan lebih menghargai nilai uang



Sebagai mahasiswa, berburu fasilitas gratisan itu sangatlah dianjurkan apalagi setelah BBM naik. Biasanya kampus - kampus juga memang menyediakan fasilitas gratis yang sebenarnya sangat bermanfaat seperti akses internet via WiFi lalu juga komputer dan bahkan ada yang menyediakan sepeda untuk transportasi kampus. Gunakan hal - hal seperti itu untuk menghemat pengeluaran.


Karena pengeluaran naik, kamu pastinya bakal lebih waspada dalam mengatur duit dari kantong. Kalau perlu, buat catatan pengeluaran, sekalian belajar disiplin



Ini sangat penting untuk menghindari yang namanya pemborosan dan kehabisan uang. Dengan adanya catatan pemasukan dan pengeluaran tentunya sisa uang yang masih ada akan dapat diketahui sehingga pengeluaran - pengeluaran selanjutnay bisa diperhatikan juga.


Belajar untuk nggak latah menanggapi isu kenaikan BBM


Mengikuti alur dengan latah itu beda jauh. Latah yang meliputi ikut demo ketika BBM naik, ikut antri sebelum BBM naik, lalu ikut marah - marah di media sosial juga itu hanya akan menunjukan bahwa sebagai mahasiswa kalian tidak cerdas. Ikuti alurnya, cerna perlahan - lahan situasi dan kondisinya, dan mungkin bisa juga bikin kritikkan buat pemerintah secara lebih terorganisir melalui surat terbuka. Terlihat lebih cerdas bukan?


BBM Naik = Motivasi Lulus Cepat


Kepikiran nggak dengan kenaikkan BBM ini justru bisa dijadikan sebuah motivasi untuk lulus cepat? Semakin cepat lulus tentunya kalian nggak akan berpusing - pusing lagi dengan namanya jatah bulanan yang pas - pasan. nah karena itu jadikan moment kenaikan BBM ini sebagai momentum untuk lebih semangat kuliah dan segera lulus untuk kemudian cari kerja.


Itu tadi beberapa hal yang sangat bisa dimanfaatkan untuk tetap menikmati hidup sebagai mana mestinya sebagai mahasiswa dengan uang bulanan pas- pasaan ditengah polemik kenaikan harga BBM. Intinya, jangan cuma bisa marah - marah di sosial media, jangan cuma ikut - ikutan bakar ban,  Jangan pula jadi depresi. Tetap semangat dan semoga cepet lulus, guys!

Scroll To Top