Inilah Para Superhero Paling Keren di Indonesia. Kamu Pasti Kagum!

Superhero merupakan satu hal yang sangat populer terutama di kalangan penyuka komik serta film. Banyak karakter superhero yang sudah difilmkan dan terbukti sukses seperti Spiderman, Batman, Ironman, dan bahkan beberapa dari mereka mulai difilmkan dalam satu film seperti The Avengers. Nah di Indonesia sendiri yang namanya superhero itu juga sebenarnya ada, hanya memang tidak sebegitu populer seperti superhero dari luar. Maklum, kebanyakkan orang Indonesia lebih senang dengan hal - hal impor. Berikut ini beberapa superhero yang bisa dibilang asli lahir di Indonesia dan tergolong cukup populer.


1. Gundala Putra Petir 

Gundala merupakan karakter dari tokoh komik bernama Hasmi yang dirilis pada tahun 1969. Jelas ada pengaruh superhero Amerika pada sosok Gundala ini. Baik itu desain karakter maupun jenis kekuatannya yang bahkan sang penciptanyapun nggak membantah, bahwa ia terinspirasi The Flash. Yang menarik adalah lokasi cerita berpusat di Yogyakarta yang merupakan tanah kelahiran Hasmi. Berawal dari seorang peneliti jenius bernama Sancaka yang menemukan serum antipetir. Karena keasyikan dalam penemuannya, dia sampai lupa hari ulang tahun kekasihnya yang membuat hubungan mereka putus. Sancaka yang patah hati pun galau lalu berlari di tengah hujan deras dan petir pun menyambar. Dalam keadaan koma dia ditarik sebuah kekuatan dari planet lain dan diangkat menjadi anak oleh raja Kerajaan Petir yang bergelar Kaisar Kronz. Jadilah ia diberkati kemampuan super yaitu mampu memancarkan gledek dari telapak tangannya. Raja Taifun dari kerajaan Bayu pun memberinya kekuatan lari secepat angin. Sejak saat itu, pada waktu-waktu tertentu, ia tampil sebagai jagoan penumpas kejahatan berpakaian hitam ketat dengan sepatu dan cawat berwarna merah. Wajahnya tertutup topeng, hanya terlihat mata dan mulutnya, di sisi topengnya terdapat hiasan seperti sayap burung. Melihat konsep dari Gundala Putra Petir ini tentunya banyak orang yang akan berpikir bahwa terdapat kombinasi antara Thor dan The Flash dalam Gundala Putra Petir. Satu hal yang menarik adalah bahwa Gundala Putra Petir akan dibuat versi film layar lebarnya yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo.



2. Saras 008

Siapapun yang masa kecilnya di era akhir 1990an menjelang awal 2000an pasti tau dengan karakter satu ini. Kekuatan dari Saras 008 bersumber dari kucing peliharaanya yang tewas. Sang empunya yang bernama asli Sarasawati merasa sedih luar biasa yang membuat arwah si kucing masuk ke tubuhnya dan memberinya kekuatan menjadi Saras 008. Menggunakan kostum kombinasi hitam dan putih dan berjulukan sebagai Pahlawan Kebajikan, superhero karya Gusur Adhikarya ini menuai sukses yang luar biasa di masa itu. Bahkan seri Saras 008 yang saat itu ditayangkan di Indosiar merupakan seri superhero pertama yang sukses di layar kaca Indonesia dikarenakan rating tayangan tersebut yang mencapai 2 digit.



3. Panji Manusia Milenium

Mengikuti suksesnya Saras 008, dimunculkan pula satu karakter superhero bernama Panji Manusia Milenium. Dikemas dalam kemasan sinetron dan ditayangkan oleh RCTI yang diproduksi oleh Multivision Plus, seri Panji Manusia Milenium merupakan seri superhero tersukses kedua di layar kaca Indonesia. Pada mulanya sang tokoh utama yang bernama Panji hanyalah seorang pemilik dan penjaga panti asuhan. Di suatu waktu dia menemukan Gelang Sakti hasil karya Profesor Adam yang mampu memberinya kekuatan sebagai Manusia Milenium. Kata Milenium sedniri memang sengaja digunakan karena pada saat itu sedang popular berkenaan dengan dimulainya era Milenium baru pada tahun 2000. Berbagai macam kemampuan super dimiliki oleh Panji Manusia Milenium yang dapat digunakannya untuk melawan musuh - musuhnya saat itu seperti Donclo salah satunya.



4. Wayangybliz

Handri dan Kibar merupakan nama - nama dari pencipta superhero yang mengambil nama Wayangybliz ini. Konsepnya menggunakan filosofi wayang yang tentunya bisa dibilang sangat Indonesia. Dengan kreatifitas yang luar biasa, mereka berhasil membuat universe atau dunia dari Wayangybliz diluar dunia yang sudah ada. Konsep awalnya adalah adanya penemuan armor atau senjata berat oleh Profesor Ghaisan yang kemudian bekerja sama dengan ilmuwan Indonesia dan asing membentuk Wayang Corporation guna menjaga perdamaian dunia. Kekacauan serta pengkhianatan di internal Wayang Corporation membuat semua terpecah belah. Armor yang ada juga terpisah dari Wayang Corporation. Satu dicuri oleh cucu dari sang profesor bernama Kibar sedangkan yang satu sampai ke Hander, seorang anak SMA dengan kehidupan luar biasa membosankan.Dari situlah petualangan mereka berdua dimulai ketika mereka bertemu dan merasa bahwa mereka bertujuan sama untuk memerangi kejahatan di muka bumi sebagai Aruna dan Baruna.



5. Bima Satria Garuda

Seolah ingin kembali meraih kesuksesan dengan seri superhero di layar kaca Indonesia, MNC Media bekerjasama dengan Ishimori Production membuat seri superhero dengan nama Bima Satria Garuda. Ishimori Production sendiri sudah sangat dikenal lewat kesuksesannya dengan franchise Kamen Rider di Jepang yang setiap tahun selalu ada seri terbarunya dan bahkan mempunyai edisi - edisi The Movie yang diputar di bioskop - bioskop Jepang. Terinspirasi dari Kamen Rider Black serta Kamen Rider Black RX dan kemudian dikombinasikan dengan nilai dan budaya Indonesia maka munculah tokoh Bima Satria Garuda. Sejauh ini, cerita dan petualangan Bima melawan Vudo dengan monster - monsternya terbukti sukses di musim pertamanya. Musim kedua akan segera dihadirkan kembali dengan judul Bima-X, The New Beginning. Bahkan merchandise asli dari Bima Satria Garuda digarap langsung oleh Bandai yang merupakan merk mainan paling terkenal dari Jepang yang sudah mendunia dengan berbagai produknya.



6. Nusantaranger

Meski masih berkutat di dunia komik online, seri superhero Nusantaranger yang terinspirasi dari Super Sentai dari Jepang yang menjadi Power Ranger di Amerika sudah terbukti menunjukkan eksistensinya serta pengaruhnya melalui empat seri komik yang sudah dipublikasikan. Terdapat lima pemuda dari penjuru Indonesia yang berjibaku berjuang melawan Kelana yang sedari dulu berniat menguasai Bumi untuk kepentingan dan keuntungannya sendiri. Diutarakan oleh Shani Budi Pandita sebagai salah satu penggagas Nusantaranger bahwa adanya lima pemuda dari penjuru Indonesia bisa mencerminkan Bhinneka Tunggal Ika. Penggunaan konsep ruh hewan dari daerah asal masing - masing merupaka satu ide lokal yang dimasukkan dalam Nusantaranger seperti Elang Jawa di Ksatria Nusa Merah atau Harimau Sumatra di Ksatria Nusa Kuning. Bisa dibilang ini merupakan satu kelompok superhero original dari Indonesia meskipun konsep dasarnya adalah Super Sentai namun adanya sisi - sisi lokal Indonesia terbukti dapat disatukan dengan baik.



7. Garuda Superhero

Satu lagi nama superhero Indonesia yang baru - baru ini mulai ramai terdengar gaungnya yaitu Garuda Superhero. Salah satu alasannya adalah bahwa superhero ini akan dikemas dalam satu film layar lebar dan akan menjadi film pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi CGI secara full. Tentunya bayangan akan film - film superhero Amerika seperti yang biasa ditayangkan di bioskop tanah air sudah pasti mengiringi benak para penikmat superhero Indonesia. Tokoh Garuda Superher itu sendiri merupakan tokoh baru yang dikreasikan oleh Moestopo Production dan Putaar Film. Berawal dari satu gebrakan di dunia sains melalui penemuan senjata masa depan untuk menangkal dan melindungi Bumi dari asteroid - asteroid yang sewaktu - waktu bisa menabrak Bumi namun kemudian dibajak oleh kelompok jahat Durja King. Di saat Durja King melancarkan rencana jahatnya menguasai Bumi, munculah Garuda Superhero yang pelan tapi pasti mengacaukan rencana Durja King sedikit demi sedikit.



Disamping nama - nama diatas tentunya masih banyak superhero - superhero Indonesia baik yang memang berskala Nasional maupun lokal. Satu hal yang pasti adalah bahwa kreatifitas serta ide - ide dari para pencipta dan penggagas karakter superhero di Indonesia perlu untuk dihargai dan diappresiasi. Dari situlah tentunya mereka akan mampu lebih kreatif lagi dalam berkarya untuk kedepannya menciptakan ytokoh - tokoh yang memang 100% original tanpa mengambil konsep dasar dari tokoh - tokoh yang sudah tercipta.

oleh Denal Sukma Dewa (@e_Nald)

Scroll To Top