[KEREN] Inilah Peralatan Perang yang Siap Digunakan di Masa Depan

Teknologi yang perkembangannya ngebut dewasa ini mempengaruhi banyak bidang kehidupan. Salah satu yang punya perkembangan signifikan banget adalah bidang pertahanan alias militer. Banyak peralatan perang modern yang dulunya hanya bisa kita lihat di film-film action fiksi kini sudah digunakan oleh berbagai negara sebagai alat pertahanan mereka. 10 peralatan perang masa depan ini mungkin tidak akan kamu sangka-sangka sudah dipersiapkan untuk digunakan dalam waktu dekat. Mungkin sangat dekat sampai kamu nggak akan menyadarinya.

1. Teknologi penahan suhu dingin

Tubuh kita memiliki jalur neurologis alami bernama TRPM8 yang bertugas memerintahkan tubuh untuk bereaksi terhadap suhu dingin. Reaksi yang ditimbulkan seperti menggigil, gemetar dan penurunan aliran darah. Baru-baru ini, ahli neurologi David McKenny menemukan cara mematikan reseptor TRPM8 dan sukses diuji kepada tikus di suhu 5 derajat celcius.

2. Luke’s Binoculars

Pada dasarnya ia adalah sebuah kamera ‘high-megapixel’ yang bisa melihat hingga jarak 10 km. Teropong ini kemudian dikembangkan untuk mendeteksi gelombang otak manusia. Jadi saat melihat objek manusia, ia bisa memprediksi apakah yang dilihatnya merupakan ancaman atau bukan untuk kemudian memberitahukannya.

3. Robot serangga berbahan bakar nuklir

DARPA berhasil menanamkan mesin kontrol berukuran nano ke dalam larva kumbang. Ketika kumbang itu dewasa mesin itu akan terperangkap dalam tubuhnya dan kita bisa mengontronya sesuka hati.

4. Nanobot untuk medis

Nanobot ini nantinya akan dimasukkan dalam tubuh seorang tentara. Ia bekerja pada tingkat molekuler untuk mendiagnosa penyakit yang diderita dan melakukan langkah penyembuhan sebelum penyakit tersebut melumpuhkannya lebih cepat dari peluru.

5. Seragam perang ‘pintar’

Sensor akan ditanam di seragam tentara untuk mendeteksi serangan fisik yang dialami. Misalnya jika seorang tentara tertembak, ia akan mendeteksi di mana peluru bersarang dan sedalam apa. Informasi ini akan diberitahukan pada dokter agar bisa segera memberi tindakan medis yang tepat.

6. Railgun

Ini adalah senjata mematikan yang mungkin juga jadi yang terkuat. Sebuah railgun sedang dikembangkan oleh Angkatan Laut AS dan diklaim bisa menembak dengan kecepatan 7x kecepatan suara. Menghancurkan target yang berjarak 160 km dengan kekuatan setara 32x tabrakan mobil berkecepatan 100 mil per jam.

7. HELLADS

Adalah kependekkan dari “The High Energy Liquid Laser di Area Defense System”. Pada dasarnya ini adalah proyek untuk menggabungkan lusinan senjata yang akan dipasang di pesawat jet. Tujuannya: memberikan sebuah pesawat jet kemampuan untuk menembakkan senjata laser.

8. Gecksin

Menerapkan prinsip permukaan kaki tokek yang mengandung jutaan rambut bernama spatulae yang membuatnya bisa menempel terbalik di dinding hanya dengan satu kaki. Tim dari University of Massachusettes sudah mengembangkan kain perekat berbahan sama. Beban yang bisa ditahan adalah sekitar 317 kg. Ini memungkinkan penggunanya menempel di tembok seperti spiderman. Atau tokekman?

9. Alat prediksi peperangan

Algoritma iTRACE menghimpun 30 juta keping data dari seluruh dunia dan mengubahnya menjadi struktur pola perilaku berbagai negara di dunia. Hal ini memungkinkan kita untuk memprediksi perang layaknya memprediksi cuaca. Semoga aja lebih akurat ya prediksinya.

Ditulis oleh Satrio Rizki Dharma

Scroll To Top