[KEREN] 10 Anime Robot Terbaik Untuk Ditonton

Anime atau film kartun dari Jepang memang sangat populer baik di Jepang sendiri maupun di dunia. Di Indonesia sendiri kepopuleran anime sangat jelas terlihat dari seringnya diadakan berbagai acara yang berhubungan dengan anime itu sendiri.Salah satu kategori dari anime adalah anime robot atau "mecha anime". Dari namanya sudah tersirat bahwa anime tipe ini akan menampilkan robot - robot didalamnya. Seri anime tipe ini mempunyai fans tersendiri yang memang menyukai hal - hal berbau mekanikal seperti robot. Nah berikut ini merupakan anime robot terbaik sampai saat ini.



10. Full Metal Panic

Full Metal Panic merupakan satu anime robot yang tergolong klasik. Kompleks, epik, lucu, sekaligus sedih adalah gambaran dari full metal panic beserta dengan pertarungan - pertarungan robot - robot yang luar biasa. Mengambil latar waktu setelah Perang Dingin di dunia pararel, seorang agen anti-teroris yang menyamar bernama Sousuke harus berjibaku melindungi seorang gadis bernama Chidori. Satu cerita sampingan dari seri anime ini juga menarik untuk ditonton yaitu Full Metal Panic? Fumoffu.



9. Blassreiter

Berjudul dalam Bahasa Jerman serta mengambil latar di Jerman juga, Blassreiter berawal dari kebocoran wabah biomekanik yang mampu merubah mayat menjadi monster mekanikal. Monster - monster tersebut mampu mengendalikan mesin - mesin. Tim Xenogenesis kemudian menahan monster - monster tersebut di area khusus untuk melawan mereka. Alur cerita yang berbeda namun bersinergi sepanjang seri Blassreiter merupakan satu daya tarik anime robot satu ini.



8. Asura Cryin'

Satu hal yang menarik dari Asura Cryin' bukanlah alur ceritanya melainkan pertarungan  - pertarungan robotnya yang luar biasa epik. Tokoh protagonis dalam seri ini adalah Tomoharu yang selamat dari kecelakan pesawaat sementara temannya yang bernama Misao tewas. Misao menghantui Tomoharu yang membawa sebuah koper misterius. Dari koper itulah petualangan Tomoharu bermula.



7. Gurren Lagann

Seri ini merupakan satu seri anime robot yang paling banyak dibicarakan, paling banyak ditonton, dan memiliki rating paling tinggi diantara yang lain. Animasi yang unik, alur cerita yang menarik, bahkan soundtrack yang enak didengarkan menjadi daya tarik seri ini. Gurren Lagann menceritakan perjuangan melawan penjahat bernama Lordgenme yang memaksa manusia untuk hidup di bawah tanah.



6. Gundam Seed

Gudam Seed yang kemudian dilanjutkan oleh Gundam Seed Destiny merupakan satu dari banyak seri anime robot Gundam. Mengambil latar waktu di masa depan dimana manusia terbagi menjadi dua kelompok yaitu Naturals serta Coordinators. Garis besar cerita dari Gundam Seed menampilkan peperangan antara dua kelompok tersebut.



5. Macross Frontier

Setelah seri Gundam, Macross Frontier bisa dibilang seri anime robot yang paling terkenal di dunia. Desain dari robot - robotnya yang sangat bagus merupakan keunggulan atau daya tarik seri anime ini. Seri ini mengisahkna perjalanan serta perjuangan satu koloni mencari planet yang dapat ditempati. Cinta segitiga dari tiga tokoh utamanya mewarnai anime robot ini.



4. Evangelion

Seri Evangelion mungkin pantas dibilang sebagai induk dari semua seri anime robot. Sukses yang luar biasa serta akhir certa yang kontroversial bahkan membuat adanya dua film berbeda dengan akhir cerita yang berbeda pula. Tokoh protagonis dalam seri ini adalah Shinji yang baru berusia 14 tahun. Para Angel menyerang Bumi yang kemudian dilawan oleh unit Evangelion  yang salah satunya dipiloti oleh Shinji. Sisi emosional manusia tergambarkan dengan jelas dalam seri anime ini.



3. Gundam 00

Satu lagi seri dari Gundam yang sangat menarik untuk disimak yaitu Gundam 00. Seri ini menceritakan satu kelompok bernama Celectial Being yang mencoba memusnahkan perang berkepanjangan dengan cara mereka sendiri yang tentunya dipersenjatai oleh Gundam serta pilot yang hebat. Ada 4 tokoh utama dalam film ini dengan 4 tipe gundam yang berbeda. Seri ini berlangsung dalam 2 musim sebanyak 50 episode dan ditutup dengan 1 film.



2. Code Geass

Seri anime robot satu ini sudah sangat pantas untuk dibilang sempurna mulai dari awal hingga akhir. Dalam seri ini dunia terbagi menjadi tiga kelompok yaitu Britannia, Chinese Federation, serta European Union. Seorang pangeran bernama Lelouch diasingkan oleh Britannia ke Jepang yang membuatnya berusmpah untuk membalas Britannia. Saat hampir tewas dia diselamatkan oleh seorang gadis yang akhirnya memberinya kekuatan melalui sebuah kontrak yang kemudian membantunya membalas dendam.



1. Gundam Unicorn

Menceritakan seorang pemuda bernama Banagher Links yang bertemu dengan Seorang gadis bernama Audrey yang sedang dalam misi mencegah diserahkannya sebuah kunci dari kotak rahasia yang akan menentukan nasib dunia. Pada akhirnya Banagher mendapati unit Gundam Unicorn yang kemudian dipakainya untuk membantu misi tersebut. Cerita yang masuk akal, detail yang luar biasa bagus untuk level anime, serta fitur HD dari anime ini membuatnya pantas dalam peringkat pertama anime robot terbaik sampai saat ini.




Kesepuluh anime robot tersebut sangatlah direkomendasikan untuk ditonton khususnya bagi penyuka robot atau hal - hal mekanikal lainnya. Disamping itu, fakta bahwa tidak hanya soal robot yang disajikan oleh anime - anime tersebut juga membuka peluang bagi para penikmat anime untuk ikut menonton.



oleh Denal Sukma Dewa (@e_Nald)

Scroll To Top