[JADUL] 10 teknologi ini dulunya kayak apa sih

Bung Karno, presiden pertama kita pernah mengatakan soal “Jas Merah” atau “Jangan Sekali-kali melupakan sejarah”. Sepertinya itu berlaku buat banyak hal. Mungkin kamu sedikit penasaran gimana sih awal mula teknologi canggih macam touchscreen, TV plasma, PC bahkan pemancar WiFi. Nah untuk mengenang orang-orang yang berjasa membuat kehidupan kita jadi jauh lebih mudah kayak sekarang, simak beberapa prototipe awal teknologi yang kini sudah umum kita gunakan sehari-hari. Kamu akan terkaget-kaget ngeliat para ilmuwan kepikiran hal itu. Ingat, jaman dulu belum ada Google lho!

1. Layar Plasma

Teknologi layar plasma modern ternyata pertama kali dicetuskan sejak tahun 1960 oleh tim fisikawan yang dipimpin oleh Don Blitzer.

2. Touchscreen

Layar sentuh yang sekarang ada di smartphone yang selalu kamu bawa kemana-mana pertama kali dibuat pada tahun di Laboratorium CERN, Swiss. Teknologi ini digunakan di sana selama 20 tahun.

3. Microphone

Meski paten untuk penemuan perangkat microphone didapatkan oleh Thomas Alva Edison, tapi sejatinya perangkat yang lebih baik dibuat oleh Emile Berliner hingga Alexander Graham Bell membeli patennya seharga 1 juta dolar untuk menyempurnakan teleponnya.

4. Smartphone

Siapa sangka IBM sudah memproduksi smartphone di tahun 1994. Produk ini diberi nama “Simon”. Ia mampu menjalankan fungsi-fungsi dasar smartphone sperti email, prediksi teks, bahkan penggunaan aplikasi. Smartphone ini beratnya lebih dari 1 pon dan dijual $1.000 per unit.

5. Perkakas Listrik

Perkakas listrik bahkan sudah diproduksi sejak tahun 1800-an oleh perusahaan perkakas Jerman yang bernama “Fein”.

6. Mesin Jahit

Mesin jahit pertama patennya diajukan oleh Elias Howe, yang kemudian disetujui untuk dipasarkan mulai 10 September 1846. Kalau sempat pergi ke rumah nenek, mungkin kamu masih bisa nemu mesin jahit jadul yang masih berfungsi.

7. Parasut

Parasut ditemukan lebih dulu ketimbang pesawat, aneh ya. André-Jacques Garnerin sang penemu, mendemonstrasikan penemuannya dengan terjun dari balon udara yang terbang di ketinggian 975 meter pada tanggal 22 Oktober 1797 di Perancis.

8. Rompi Anti Peluru

Casimir Zeglen, menguji rompi anti peluru buatannya pada tanggal 10 Juli 1897. Awalnya ia bereksperimen dengan bahan-bahan padat tapi akhirnya menemukan cara untuk menenun benang sutra bersama menjadi kain yang berlapis-lapis agar mampu menahan peluru.

9. Personal Computer (PC)

Altair 8800 nama dari komputer pertama yang pernah dibuat dan diperuntukkan untuk masyarakat umum, terlihat jauh berbeda dengan apa yang kita punya sekarang. PC ini dibanderol dengan harga $400 dan harus dirakit sendiri sebelum digunakan.

10. Menara Wireless

Wardenclyffe Tower nama menara setinggi 600 meter yang dibangun tahun 1901, merupakan menara transmisi nirkabel pertama di dunia. nirkabel . Ilmuwan Nikola Tesla adalah orang dibalik pembangunan menara ini. Proyek selanjutnya adalah membangun menara ini di seluruh dunia. Namun proyek itu ditutup tahun 1917.

Ditulis oleh Satrio Rizki Dharma

Scroll To Top