[Inspiratif] Film - Film Yang Akan Merubah Cara Pandang Kita Tentang Kehidupan

10. Donnie Darko

Film karya Richard Kelly ini menceritakan seorang remaja yang mengidap penyakit tidur berjalan yang diperankan oleh jake Gyllenhaal. Dia sering didatangi oleh kelinci jahat bernama Frank yang membuatnya melakukan aksi - aksi berbahaya dan destruktif. Kemasan menarik yang mencakup nostalgia rea 80an, kesendirian, keterasingan, dan adanya bermacam - macam realita dan dunia membuat film ini sangat sayang dilewatkan. Sampai saat ini masih banyak diperdebatkan adanya interpretasi yang bervariasi dari film ini.



9. The Matrix

Satu film yang merupakan kombinasi pas dari aksi - aksi luar bisa dan folosofi - filosofi yang mengacaukan pikiran yang melambungkan nama Keanu Reeves. Konsep kebangkitan spiritual 
ditampilkan dalam film ini bahwa sebenarnya tokoh Neo telah diperbudak oleh system yang disebut matrix selama hidupnya. Sebuah ilusi besar tentang hidup yang sebenarnya itu hanyalah sebuah realita yang dibuat untuk memenjarakan manusia didalamnya.



8. Waking Life

Waking Life menampilkan berbagai pertanyaan yang dapat merubah pandangan kita akan hidup seperti "Apa itu mimpi dan apa itu realita?" Batas antara realita dan mimpi sangatlah tersamarkan di film ini dimana tokoh protagonis berinteraksi dengan karakter - karakter yang eklektik serta mempunyai pandangan serta filosofinya masing - masing.Dikatakan sebagai film yang absurd namun original, film ini sangat layak dinikmati.



7. Cloud Atlas

Satu film beskala colosal dengan menampilkan 6 alur cerita berbeda dalam rentang waktu ratusan tahun. Tema dasar dari film ini adalah konsep reinkarnasi serta ide tentang bagaimana kehidupan satu tokoh mempengaruhi tokoh yang lain di masa lalu. Melalui idea ambisius yang jarang diangkat tentang reinkarnasi, tentunya film ini sangat layak di apresiasi.



6. Spring, Summer, Fall, Winter, and Spring

Film ini merupakan fil Korea tentang seorang biksu serta perjalanannya yang selama film itu sendiri menggambarkan berbagai pengalaman dalam hidup. Pengalaman tentang pembunuhan, cinta, kecemburuan, serta penebusan dosa semuanya ditampilkan dengan luar biasa baik serta sangat menginspirasi.Intinya adalah bagaimana belajar dari orang lain dan menjalani kehidupan yang lebih baik melalui kebijaksanaan.



5. Samsara

Arti katanya sendiri di beberapa bahasa merupakan "aliran yang terus - menerus" yang sebenarnya merujuk pada lingkaran kehidupan yang terus berlanjut dari hidup, mati, kerusakan, dan pembaruan. Ide dasar dari film ini adalah dengan menampilkan gambar secara terus menerus tentang berbagai hal di dunia untuk memberikan perspektif baru tentang kehidupan itu sendiri.



4. Detachment

Film ini merupahan suatu babad kehidupan dalam sebulan dari pekerja dan guru dari beberapa sekolah yang dilihat melalui mata seorang Henry Barthes yang merupakan seorang guru pengganti. Efek saling mempengaruhi satu sama lain yang ditampilkan dalam film ini sangat luar biasa. Satu studi karakter serta sebuah komentar sosial mengenai jatuhnya sistem pendidikan serta sistem sosial.



3. Her

Sebuah film yang menceritakan seorang pria paruh baya yang introvert serta hubungannya dengan benda bernama OS1. Benda tersebut merupakan sistem operasi artificial intelligent yang pertama di dunia. Karena suara dari OS1 yang sangat memikat, mulailah terjalin semacam hubungan cinta antara pria tersebut dengan OS1. Film ini menunjukkan bahwa saat ini manusia sudah cenderung melupakan dunia nyata dan lebih memilih dunia maya dengan laptop, tablet, serta smartphone masing - masing.



2. Fight Club

Banyak hal yang disampaikan oleh film ini salah satunya yang mungkin paling besar adalah adanya sebuah kekosongan yang luar biasa parah di sela antara materialisme dan konsumerisme. Pertanyaan tentang kenyataan apakah sesungguhnya kita memang adalah kita seperti yang ingin kita capai juga disampaikan di film ini.



1. Life is Beautiful

Merupakan sebuah film jadul yang sangat inspiratif. Intinya adalah bagaimana seorang ayah berusaha melindungi keluarganya serta anaknya yang masih kecil dari pengalaman menakutkan Perang Dunia II karena memang mereka adalah Yahudi. Bagaimana sang ayah menggunakan kepolosan serta kekanak - kanakkannya untuk membuat sang anak bahkan tidak sadar bahwa mereka sedang terancam bahaya perang sangatlah luar biasa.




oleh Denal Sukma Dewa (@e_Nald)

Scroll To Top