[RENUNGAN] 10 Keuntungan Tumbuh Jadi Remaja Sekarang Dibandingkan 15-20 Tahun Lalu

Banyak orang bilang kehidupan remaja semakin susah karena tuntutan zaman semakin tinggi. Namun kesusahan itu tentu diikuti dengan banyak hal yang membuat hidup mereka lebih beruntung daripada para remaja 15-20 tahun lalu.

Apa saja keuntungan yang dirasakan remaja zaman sekarang dibandingkan 15-20 tahun lalu? Simak daftarnya di bawah ini untuk mensyukuri kehidupanmu saat ini juga.

1. Akses informasi tidak terbatas.


Dengan kemajuan teknologi internet, segala jenis informasi sangat mudah untuk dicari sekarang ini. Tidak seperi zaman dulu, orang harus mencari buku dan sumber-sumber tertentu untuk mendapatkan informasi yang diinginkan. Hal ini tentu saja membantu kehidupan remaja untuk lebih dinamis dan efisien. 

2. Kegiatan anak muda tidak dibatasi oleh pemerintahan otoriter.


Dulu, setiap kegiatan yang mengandung unsur politik harus dilakukan dengan ekstra hati-hati karena sistem pemerintahan Indonesia masih otoriter. Sekarang anak muda lebih bebas menyampaikan pemikiran-pemikiran kritisnya melalui berbagai aktivitas dan media.

3. Sarana komunikasi sangat banyak dan cepat.


Berkomunikasi dengan siapa saja dan dimana saja bukanlah hal yang sulit saat ini. Untuk mengirim informasi kilat, dulu orang harus menggunakan telegram atau jaringan telepon yang terbatas. Sekarang kita bisa menggunakan SMS, BBM, e-mail, dan sosial media untuk berkomunikasi dengan mudah dan cepat. 

4. Peluang menuntut ilmu lebih luas. Sekolah di luar negeri lebih gampang.


Menuntut ilmu di era globalisasi seperti saat ini bukanlah hal yang susah. Kita bisa belajar berbagai macam hal melalui tutorial secara online, bahkan mencari peluang untuk kuliah di luar negeri dapat dilakukan melalui dunia maya. Contohnya mealui website seperti http://www.berkuliah.com/

5. Cari gebetan sangat mudah.


Remaja di zaman sekarang seharusnya tidak mudah kesepian dan patah hati. Sarana mencari gebetan melalui internet ada sangat banyak seperti dating application, chatting room, dan sosial media. Bahkan banyak forum yang mempunyai spesifikasi tertentu mulai dari forum ta'aruf muslim-muslimah hingga forum pemuja setan. 

6. Sarana hiburan tidak pernah kurang.


Remaja di tahun 80-an atau 90-an biasanya menghabiskan waktu senggang dengan hiburan yang sangat terbatas. Remaja sekarang bisa menikmati hiburan outdoor dan indoor yang sangat beragam. Dengan puluhan ribu games yang tersedia di internet serta ratusan cafe dan tempat hangout, remaja sekarang dijamin tidak akan bosan mencari hiburan baru.

7. Kesempatan kerja lebih luas.


Sekarang ini banyak remaja yang bisa menghasilkan uang sendiri melalui berbagai kerja kreatif di internet. Pekerjaan pun bisa dilakukan di rumah secara online. Bahkan banyak anak mudah yang membangun perusahaan sendiri berdasarkan skill khusus yang tidak dipunyai orang-orang tua.

8. Perbedaan dan keunikan individu lebih dihargai.


Remaja sekarang tidak perlu minder jika punya keunikan yang berbeda dari orang pada umumnya. Dengan keterbukaan masyarakat sekarang ini, perbedaan dan keunikan individu jadi nilai plus yang patut dihargai. Lihat saja Lady Gaga, Lorde, Nicki Minaj, dan artis-artis lainnya yang punya kepribadian sangat unik. 

9. Jiwa lebih merdeka dan cepat matang.


Saat ini ada sangat banyak komunitas yang bisa menampung kebebasan jiwa para remaja untuk semakin kreatif dan matang. Komunitas itu bisa dicari di dunia maya atau di tempat-tempat hangout di kotamu. Jadi jangan ragu untuk berkembang dan mencari passion dalam hidupmu.

10. Peluang sukses di usia muda terbuka lebar.


Di era sekarang ini, ada ribuan kisah sukses anak muda yang bisa membuat kita tercengang. Dengan adanya globalisasi dan teknologi, tidak mustahil bagi anak muda untuk mencapai sukses di usia dini. Manfaatkanlah segala potensi yang kamu punya, dan jadilah anak muda sukses yang berguna bagi kehidupan banyak umat.

Scroll To Top