[INFO] 10 Tokoh Fiksi Paling Jenius yang Pernah Ada

Imajinasi emang sesuatu yang nggak ada batasnya. Setiap orang bisa nyiptain apa aja dari daya imajinasi yang dia miliki. Nggak terkecuali dalam kisah fiksi yang juga merupakan salah satu dari hasil imajinasi. Banyak tokoh fiksi diciptakan dari mulai yang super kuat, ganteng, cantik, pinter sihir dan sebagainya. Ada juga dari tokoh-tokoh tersebut yang digambarin sebagai seorang yang jenius dengan kecerdasan jauh di atas rata-rata. Berikut 10 di antaranya:

1. Profesor James Moriarty

Musuh besar dari detektif ternama Sherlock Holmes ini adalah orang yang menjalankan peran sebagai dalang kasus kriminal yang ditangani Holmes. Dengan kecerdasannya ia mampu memanipulasi, mengontrol orang untuk berbuat kejahatan, dan bahkan menjadi konsultan aksi kejahatan. Moriarty digambarkan sebagai ahli matematika, dosen sekaligus pengarang buku-buku sains terlaris di masa itu.

2. Doogie Howser, M.D.

Meski hanya seorang bocah remaja, ia sudah berkarir sebagai seorang dokter berlisensi di Amerika. Ia lulus ujian SAT dengan nilai sempurna di umur 6 tahun dan lulus dari Universitas Princeton di umur 10 tahun. Howser memiliki kemampuan untuk mengingat hal-hal dengan sangat detil.

3. MacGyver

Anak 90'an pasti kenal banget dengan tokoh satu ini. Serial ini emang populer banget di era 90'an. MacGyver adalah seorang agen rahasia yang terkenal sangat menguasai fisika dan sains. Ia terkenal senang menggunakan benda-benda di sekitarnya yang sepertinya nampak biasa untuk membantunya mengatasi situasi sulit.

4. Tony Stark

Siapa yang nggak tahu jutawan playboy nan jenius yang satu ini. Stark juga merupakan orang di balik baju besi Iron Man. Kejeniusannya membuatnya masuk MIT di usianya yang baru 15 tahun. Ia juga seorang yang ahli dalam fisika, teknik elektro, mekanika quantum dan kecerdasan buatan.

5. Dr. Hannibal Lecter

Tokoh novel karangan Thomas Harris ini terkenal dalam sebuah film thriller yang berjudul "The Silence of The Lambs". Pembunuh psikopat ini nggak keliatan seperti sosok pembunuh. Ia berperawakan tenang, sopan, senang dengan seni, dan sangat menguasai ilmu psikologis.

6. Lisbeth Salander

Cewek cantik yang seneng dandan ala anak punk ini kerap mengalami kekerasan dan pelecehan di masa kecilnya. Di balik masa lalunya yang kelam, Salander remaja tumbuh sebagai seorang dengan kemampuan intelejensia yang luar biasa. Dibalik perawakannya yang pendiam, ia adalah seorang hacker handal dengan kemampuan analisis dan daya ingat fotografis.

7. Jigsaw

John Kramer alias Jigsaw adalah orang yang mendesain semua permainan gila dan sadis di film SAW. Selain merupakan orang yang ahli dalam mekanik untuk membuat alat-alat mengerikan, ia juga ahli dalam psikologi, Kemampuan yang sayangnya ia gunakan untuk menyiksa para korbannya.

8. Will Hunting

Awalnya ia hanyalah seorang pekerja kasar dan tukang bersih-bersih di kampus MIT. Di balik kesederhanaannya ia sanggup memecahkan soal aljabar sulit dari seorang profesor di sebuah kelas. Setelah sadar akan potensinya, ia mulai mengembangkan kemampuannya dan menjelma menjadi seorang matematikawan, sastrawan dan menguasai ilmu ekonomi.

9. Sherlock Holmes

Detektif ternama dari Inggris ini sudah tidak diragukan lagi kemampuannya analisisnya. Ia bisa menarik kesimpulan sempurna dari hal-hal kecil yang luput dari perhatian orang. Kemampuannya tersebut juga didukung dengan penguasaannya dalam berbagai hal seperti matematika, fisika, kimia, forensik dan seni terutama biola.

10. Batman/Bruce Wayne

Si manusia kelelawar ini tidak hanya ahli memberantas kejahatan. Musuh-musuh batman tidak hanya terkenal akan kekejamannya namun juga kecerdasan mereka. Hal ini mendorong Batman untuk meningkatkan kemampuan intelejensia-nya agar bisa mengalahkan mereka. Batman tidak hanya menguasai berbagai macam seni bela diri, ia juga memiliki kemampuan detektif, strategi, forensik, teknik komputer dan mekanik serta pengelolaan bisnis dan keuangan.

Ditulis oleh Satrio Rizki Dharma

Scroll To Top