Iklan-Iklan Inspiratif untuk Mengantisipasi HIV/AIDS di Seluruh Dunia

Nah, sebentar lagi kan kita memperingati hari AIDS sedunia, pasti sudah tahu kan? Yup betul, pada tanggal 1 Desember mendatang.
1 Desember diperingati untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh virus HIV.

Mau tahu gimana bentuk iklan yang digunakan untuk peringatan hari AIDS?
Mari kita simak iklan-iklan menarik dan inspiratif dari masyarakat dunia tentang HIV/AIDS di bawah ini, guys. Chek it out!


Gerakan seribu tangan


Memang kelihatannya sangat sederhana ya, guys. Tapi ini membuktikan kepedulian kita terhadap penderita HIV/AIDS dan bentuk kesadaran kita terhadap penyakit tersebut.


Ibu hamil menularkan HIV/AIDS kepada bayinya


Iklan ini menceritakan tentang seorang ibu hamil yang mengidap HIV/AIDS guys. Dan gambar tangan di tengahnya bisa diumpakan sebagai tangan dari bayi yang dikandungnya meminta pertolongan dari HIV/AIDS.

Bagaimana menurut kalian? Kasihan bukan? Jika bayi yang baru saja lahir harus mengidap HIV/AIDS juga.


Menempelkan vhiver


Bagaimana menurut kalian? Simple dan mudah bukan untuk memperingatkan orang lain tentang bahaya HIV/AIDS? Jadi tunggu apa lagi? Ayo segera lakukan.


Jangan gonta-ganti pasangan


Iklan ini memperingatkan kita agar jangan melakukan aktivitas seksual sembarangan dan suka berganti-ganti pasangan.

Banyaknya tangan di dalam gambar tersebut menunjukkan seperti ini, kamu mungkin tidur dengan satu orang, tapi dia juga tidur dengan banyak orang sebelum tidur dengan kamu. Siapa yang bisa menjamin jika dia hanya pernah tidur denganmu?

Karena bisa saja pasangan kalian juga adalah orang yang sudah tidur dengan banyak orang dan tanpa disadari ternyata telah tertular virus HIV/AIDS.
Siapa yang akan dirugikan?


Pelukan dan dukungan untuk penderita HIV/AIDS


Nah, sudah lihat gambar di atas, kan?
Iklan ini bertujuan untuk menghimbau masyarakat luas agar lebih memberikan perhatiannya kepada para penderita HIV/AIDS. Memberikan dukungan kepada mereka agar mereka merasa dipedulikan dan diperhatikan.
Karena berpelukan dengan penderita HIV/AIDS tidak akan membuat kamu tertular kok.


Jangan buang penderita HIV/AIDS seperti kotoran


Kalian pasti tahu kan, di atas itu gambar apa?
Ya, itu adalah gambar kloset atau WC duduk.

Iklan ini memberikan himbauan kepada masyarakat luas agar tidak menghindari atau menjauhi orang yang sudah terkena HIV/AIDS.

Menjauhi mereka sama saja dengan membuang orang itu ke dalam kloset. Seolah orang tersebut adalah sampah dan kotoran yang tidak berguna.


Waspadalah


Jangan pernah mengabaikan HIV/AIDS hanya karena kalian tidak dapat melihatnya. Karena tidak terlihat bukan berarti tidak ada. Dan juga tidak mungkin jika seseorang tertular HIV akan langsung tulisan HIV/AIDS di jidatnya. Tugas kalianlah untuk selalu waspada dan berhat-hati. Ingat, kematian selalu mengincarmu.


Kalian tidak bisa membedakan


Iklan ini ingin menyampaikan pesan seperti, kalian tidak bisa membedakan mana pengidap HIV/AIDS dan mana yang bukan di tahap-tahap awal mereka tertular.

Tapi kalian harus berhati-hati terhadap semua orang yang memiliki hubungan khusus dengan kamu, mungkin saja mereka adalah salah satunya.
Siapa tahu?

Peduli HIV/AIDS


Iklan ini mengajurkan kita untuk peduli terhadap HIV/AIDS, dari mana pun kita berasal, apa pun suku bangsa kita. Sudah seharusnya kita turun tangan dan ikut membantu atau memberi dukungan memberantas virus yang sudah mengakar ini.


Mana bukti pedulimu?


Ini seperti bertanya kepada kita semua. Mana aksimu? Apa tindakan yang sudah kamu lakukan untuk ikut mendukung pemberantasan HIV/AIDS?
Aku, abangku, dan kakakku melawan HIV/AIDS. Terus kamu kapan?


Seribu payung untuk HIV/AIDS


Meskipun saya kurang tahu berapa jumlah payung yang digunakan. Tapi biarlah kita menyebutnya seribu saja ya? Meskipun jumahnya mungkin tidak sampai seribu, namun saya yakin para relawan yang hadir lebih dari seribu orang.

Ini adalah aksi untuk memerangi HIV/AIDS. Kreatif bukan?
Kalau kamu ingin membuat aksi serupa, saya sarankan untuk mencari ide lain. Misalnya "Seribu ember/gayung untuk HIV/AIDS"
Bagaimana?


Jangan abaikan pederita HIV/AIDS


Iklan ini menghimbau kita agar jangan mengabaikan para penderita HIV/AIDS, jangan pernah mendiskriminasi mereka, karena mereka semua butuh bantuan dan uluran tangan dari kita. Kamu juga tidak bisa memusnahkan HIV/AIDS dengan mengabaikan orang-orang yang menderita penyakit tersebut.


Penderita HIV/AIDS juga Manusia


Nah, ini menghimbau kita agar jangan mendiskriminasi para pengidap HIV/AIDS, karena bagaimanapun juga mereka tetap manusia, sama seperti kita. Kamu hanya boleh mendiskriminasi mereka jika HIV/AIDS bisa mengubah mereka menjadi Zombie atau sejenisnya.

Bagaimana perasaan kamu jika kamu berada diposisi mereka. Banyak orang yang mengidap HIV/AIDS bukan karena kesalahan mereka, tapi mungkin adalah turunan dari orangtuanya.
Dan sebagian dari mereka mungkin memang bersalah karena tidak berhati-hati dan suka gonta-ganti pasangan, tapi tidak sepantasnya mereka terus-terusan disalahkan dan disudutkan.

Oleh: Desy L

Scroll To Top