Hal-hal Unik yang Dilakukan Orang-orang Seluruh Dunia untuk Memperingati Hari AIDS Sedunia

Yeeyy, sebentar lagi kita akan memperingati hari AIDS sedunia pada tanggal 1 Desember mendatang (Lu kira tujuh belasan). Apa kamu sudah memiliki rencana tentang apa yang akan kamu lakukan untuk ikut berpartisipasi?

Jangan galau guys, karena hal-hal unik yang dilakukan oleh orang-orang di seluruh dunia untuk memperingati hari AIDS sedunia di bawah ini bisa menjadi referensi kamu. Chek it out, guys!


San Francisco


San Francisco AIDS Foundation, adalah sebuah organisasi yang ditujukan untuk menyediakan pendidikan tentang HIV/AIDS, advokasi, dan pelayanan langsung sejak tahun 1982, mereka akan membuat lukisan kota merah dengan menerangi bangunan terkemuka seperti Balai Kota, dengan warna merah pada malam sebelum hari AIDS dan pada malam hari AIDS sedunia.

Selain itu, klinik gay dan galeri seni akan menjadi salah satu dari sekian banyak tempat nasional yang ikut berpartisipasi dalam “A Day With(0ut) Art” pemutaran film, oleh Jim Hodges, Encke King, dan Carlos Marques da Cruz.

The National AIDS Memorial Grove di Golden Gate Park juga akan merayakan ulang tahun sendiri pada Hari AIDS sedunia dengan menyelenggarakan penghargaan kepemimpinan, konser, dan sebagainya.


New York City


Perayaan ini akan berlangsung di Balai Taman Kota di Broadway, Park Row, dan Chambers Street di Manhattan. Acara ini akan diselenggarakan selama 24 jam non-stop oleh Housing Works. Sebuah organisasi yang didedikasikan untuk mengakhiri krisis gelandangan dan AIDS melalui advokasi, penyediaan layanan penyelamatan hidup, dan bisnis kewirausahaan.

Akan ada pertunjukan music, tari, puisi, dan juga film di teater Dua di East Village. Pemutaran perdana film documenter dari seluruh dunia akan dipertunjukkan di sepanjang jalan mulai sore oleh Rohan Spong. Akan ada pertujukan dari para pianis dan pendiri Benson AIDS Concert Series yang telah mempromosikan karya composer dan musisi berbakat dalam rangka melawan HIV/AIDS sejak tahun 1990.


The AIDS Memorial Quilt - San Francisco


Yayasan proyek yang dimulai di San Francisco ini ada dan dimulai di sebuah toko kecil pada tahun 1987, sebagai peringatan untuk meningkatkan kesadaran tentang dampak buruk dari HIV/AIDS.
Karena pada tahun 1985, San Francisco telah kehilangan lebih dari 1.000 orang warganya karena wabah AIDS.


The Quilt adalah proyek seni komunitas terbesar di dunia. Lebih dari 91.000 nama di jahit di sebuah kain berukuran 1.293.00 meter persegi, dan telah mengumpulkan lebih dari $ 4 juta dolar untuk pelayanan langsung kepada para penderita AIDS. Bagian dari kain ini akan dipamerkan di berbagai lokasi di hampir 100 kota-kota di seluruh Amerika pada Hari AIDS sedunia.


Kolkata - India


Kolkata: Para aktivis akan menyelenggarakan pawai di Kolkata untuk memperingati hari AIDS Dunia. Sedangkan anak-anak dari lingkungan miskin akan menyaksikan pertunjukan tersebut selama acara hari AIDS sedunia di Hyderabad. Membuat balon dengan tulisan tentang HIV/AIDS selama pawai.

Pada hari AIDS sedunia para aktivis juga akan menuntut uang pensiun bulanan dan fasilitas ransum gratis untuk pekerja seks komersial.

Para relawan akan melepaskan balon udara dengan cahaya obor selama pawai di Kolkata berlangsung. Tapi pelepasan balon ini akan diadakan satu hari sebelum hari AIDS Dunia, atau tepatnya di tanggal 30 Desember.


Jammu - India


Jammu: Di Jammu, para siswa akan memegang lilin saat unjuk rasa untuk memperingati Hari AIDS Dunia, dan siswa lain membawa  plakat.

Anak-anak positif HIV akan memakai masker untuk melindungi identitas mereka dan membuat formasi dalam bentuk pita merah, symbol universal sebagai bentuk kesadaran dan dukungan bagi orang yang mengidap HIV/AIDS.


Afrika


Kenya: Mengundang para orangtua yang hidup dengan HIV untuk berbicara dalam acara yang dibuat pada hari AIDS dunia.

Uganda: Afiliasi URAA akan bergabung dengan perayaan nasional yang dipimpin langsung oleh Presiden. Para orangtua akan mengadakan pawai di acara tersebut untuk disertakan ke dalam semua kebijakan, rencana, dan program pemberantasan HIV.

Tanzania: Perayaan nasional di wilayah Njombe. Sebuah film documenter akan ditampilkan untuk menghasilkan diskusi public tentang perlunya mengatasi kekhwatiran terkait penanggulangan HIV.

Mozambik: Para aktivis akan ikut mendukung organisasi kesehatan yang adil di distrik Manhica, yang akan memberikan konseling dan test serta pendidikan HIV. Orangtua akan didukung untuk datang ke acara tersebut melalui penyediaan transportasi gratis dari desa mereka masing-masing.

Ethiopia: bersama dengan EEPNA dan Addis Ababa Older People’s to treatmen. Di sana akan diadakan pertemuan dan sarapan dengan media untuk meningkatkan kesadaran akan dampak HIV pada orang yang lebih tua.

Afrika Selatan: Para aktivis dan MUSA  akan mengadakan acara yang difokuskan pada akses orangtua untuk mendapatkan perawatan. Di samping presentasi, orangtua yang terkena HIV juga akan mengadakan upacara menyalakan lilin dan menyanyikan sebuah lagu tentang HIV yang telah dibuat sebelumnya.


London


Pada hari minggu 30 November 2014 alias besok, layanan hari AIDS Dunia dan konser akan diadakan di The West London Synagogue of British Jews, yang merupakan rumah ibadah tertua di Inggris.

Untuk acara tahun ini, acara itu bekerjasama dengan JAT yang akan mempersembahkan “Impian”.
Acara ini terinspirasi oleh tema “Mimpi” yang mencerminkan harapan untuk meningkatnya kesadaran HIV/AIDS, serta harapan untuk kemajuan medis dan impian masa depan tanpa AIDS.

Acara ini didukung oleh JAT, dan dimulai pada jam 6 sore, dengan dipimpin oleh Kepala rumah ibadah London, Rabbi David Miitchell, dan menampilkan liturgy partisipatif, berbagai lagu dan bacaan untuk mencerminkan impian kita bersama.

Layanan ini mencakup dedikasi kepada jutaan orang di seluruh dunia yang terkena HIV/AIDS, dan memberikan peringatan kepada orang lain agar tidak terkena penyakit ini.


Cina


Ini adalah foto dari kumpulan para aktivis di Cina yang menggelar pawai dengan memegang sebuah balon yang sudah ditulisi dengan pesan-pesan tentang HIV/AIDS. Ini adalah salah satu program kesadaran AIDS untuk memperingati hari AIDS sedunia.


Manila - Filipina


Aktifis AIDS di Manila menyalakan lilin dalam bentuk pita merah, sebagai tanda kesadaran dan memperingati hari AIDS sedunia.


Yogyakarta - Indonesia


Nah, akhirnya yang kamu tunggu-tunggu muncul juga, nih dia salah satu peringatan hari AIDS sedunia yang ada di kota Yogyakarta - Indonesia. Lihat tuh, aktivis dan para relawannya cakep-cakep kan pake batik?

Tapi sebenarnya semua kota di Indonesia dan seluruh dunia memiliki perayaan hari AIDS sedunia yang berbeda-beda ya, guys.

Oleh: Desy L

Scroll To Top