[FRIENDSHIP] 10 Cara Menyelamatkan Persahabatanmu yang Nyaris Kandas

Memiliki teman-teman yang baik akan membuat hidupmu lebih bahagia dan lebih terhubung. Namun, terkadang persahabatan tidak mudah untuk dipertahankan. Kita semua memiliki banyak kewajiban dan kegiatan: jadwal sibuk, kuliah, anggota keluarga yang membutuhkan waktumu, kehidupan kerja, tanggung jawab relawan, dan sebagainya. Meskipun persahabatanmu bisa menjadi hal pertama yang dikorbankan ketika jadwalmu ketat, tetap menjaga hubungan dengan teman-teman tetaplah penting agar hidupmu bahagia. Berikut adalah 10 cara untuk menjaga persahabatanmu tetap FABULOUS.

1. Luangkan waktu untuk sahabatmu

Menghabiskan waktu bersama-sama sahabatmu akan mengangkat kembali persahabatanmu dari tepi jurang.

2. Beri sahabatmu hadiah kecil yang bermakna

Tidak harus mahal, kok. Kamu bisa memberi sahabatmu snack favoritnya. Ini juga bisa menjadi solusi kalau kalian sedang bertengkar, lho.

3. Kirim pesan singkat

Senang sms-an atau saling kirim pesan lewat LINE atau aplikasi pesan lainnya, kan? Apalagi kalau isi pesannya bukan "mama minta pulsa" atau "eh, besok jangan lupa bayar pulsa, ya?". Tidak harus pesan yang rumit. Cukup beritahu sahabatmu kalau kamu memikirkan mereka. Pacar lewatin dulu deh...

4. Ingatkan sahabatmu kenangan manis yang pernah kalian lalui bersama

Terkadang ngeliat foto-foto lama juga bisa bikin terharu. Apalagi kalau dibikin video singkat dengan background music yang mendukung. Jangan cuma kenangan sama mantan aja yang diinget...

5. Jangan lupa untuk minta maaf

Kalau merasa berbuat salah, cepat-cepatlah minta maaf.

6. Telepon sahabatmu

...jika dirasa perlu dan tahu waktu kapan harus menelepon...

7. Makan bareng


8. Buat kegiatan yang bisa kamu lakukan secara rutin bersama sahabatmu

Kegiatan rutin tidak harus setiap hari. Mungkin tiap akhir pekan kalian bisa jalan-jalan atau olahraga bersama.

9. Lakukan kegiatan menarik bersama sahabatmu

Lakukan hal-hal yang agak ekstrim dengan sahabatmu. Misalnya dengan backpacking ke tempat yang jauh, mendaki gunung, ataupun arung jeram.

10. Cobalah tertarik dengan kehidupan sahabatmu

Tapi juga jangan terlalu kepo, karena sikap ingin tahu yang berlebihan bisa menjadi sangat mengganggu dan membuat kalian jadi ngerasa nggak enak satu sama lain. Selain itu, cobalah untuk mengerti juga kehidupan sahabatmu, jangan menuntut agar mereka menuruti keinginanmu di luar batas kemampuan mereka.

Penulis: Esmeraldah Prasetya

Scroll To Top