20 Novel, Komik, dan Majalah yang Jadi Ikon Generasi Muda di Tahun 90-an

Ada banyak karya fiksi seperti novel, komik, dan majalah yang sangat populer pada tahun 90-an. Karya-karya tersebut menjadi ikon yang masih diingat hingga sekarang karena cerita dan tokohnya yang khas. Mereka mampu mencerminkan spirit generasi 90-an melalui budaya pop yang unik.

Apa saja 20 novel, komik, dan majalah yang jadi ikon generasi muda di tahun 90-an? Mari bernostalgia dan mengenali berbagai bacaan legendaris tersebut lewat artikel di bawah ini.

1. Lupus


Lupus merupakan karya fiksi ciptaan Hilman Hariwijaya yang dipopulerkan lewat novel, sinetron, dan film. Lupus adalah cowok yang terkenal memiliki sikap cuek, rambut berjambul, dan selalu membawa permen karet yang sangat disukainya.

2. Bobo


Bobo adalah majalah anak-anak paling populer di Indonesia yang terbit sejak tahun 1973. Tokoh Bobo adalah seekor kelinci biru yang selalu mengenakan kaos merah dan memiliki keluarga bahagia.

3. Imung


Imung adalah tokoh detektif cerdas karya Arswendo Atmowiloto. Novel Imung awalnya diterbitkan secara berseri di majalah HAI dan kini terbit ulang lewat penerbit PlotPoint.

4. Lima Sekawan


Lima Sekawan atau The Famous Five merupakan grup fiksi detektif cilik karya penulis Inggris, Enid Blyton. Pada tahun 80-an dan 90-an, novel seri Lima Sekawan sangat populer dibaca anak-anak dan remaja.

5. Olga


Olga merupakan serial novel karya Hilman Hariwijaya. Ketika tahun 1997, Olga ditayangkan di TV dengan sinetron yang berjudul Olga, Sepatu Roda dan Olgamania pada tahun 2002.

6. Komik Punakawan Tatang S.


Tatang S. adalah salah satu komikus legendaris Indonesia yang sudah eksis sejak tahun 70-an. Komik-komik horornya dengan tokoh utama Semar, Gareng, Petruk, dan Bagong menjadi sangat populer di tahun 80-an dan 90-an.

7. Asterix


Asterix adalah serial komik Perancis karya René Goscinny dan Albert Uderzo. Komik kisah petualangan Asterix melawan Romawi ini adalah komik Perancis paling populer di dunia, termasuk di Indonesia.

8. Lucky Luke


Lucky Luke merupakan komik Belgia bersetting di Amerika pada era koboi. Komik ini sangat digemari berbagai kalangan usia dan masih dicari hingga sekarang.

9. Agen Polisi 212


Agen Polisi 212 merupakan komik Belgia tentang seorang perwira polisi yang konyol. Komik yang terbit sejak tahun 1975 ini merupakan karya Raoul Cauvin dan Daniel Kox.

10. Rantanplan


Rantanplan adalah komik tentang anjing penjara yang dungu dan kocak. Komik karya Morris ini dikembangkan melalui cerita dalam serial komik Lucky Luke.

11. Donal Bebek


Donal Bebek adalah serial komik Disney tentang kehidupan seekor bebek bernama Donal yang selalu sial. Komik Donal Bebek diterbitkan di Indonesia dalam bentuk majalah yang laku keras selama puluhan tahun.

12. Paman Gober


Komik Paman Gober diadaptasi dari cerita-cerita seri di majalah Donal Bebek. Komik ini berkisah tentang pengalaman Paman Gober sebagai milyarder yang pelit dan selalu melindungi hartanya dari Mimi Hitam, Gerombolan Siberat, dll.

13. Goosebumps


Goosebumps merupakan serial novel horor karya R. L. Stine. Goosebumps diterbitkan Gramedia pada tahun 90-an serta menjadi bacaan favorit anak-anak dan remaja pada saat itu.

14. Petualangan Tintin


Petualangan Tintin merupakan serial komik Belgia karya HergĂ©. Komik ini menjadi bacaan favorit selama lebih dari 70 tahun sejak terbit pada tahun 1929 di koran Belgia.

15. Smurf


Smurf merupakan komik dan juga nama suku ajaib berwarna biru karya Peyo. Komik yang telah diadaptasi menjadi film layar lebar ini sangat populer di Indonesia hingga saat ini.

16. Candy Candy


Candy Candy merupakan awal dari kepopuleran manga serial cantik di Indonesia. Karya Kyoko Mizuki dan Yumiko Iragashi ini terbit di Jepang sejak tahun 1975 dan sudah diadaptasi menjadi novel dan anime.

17. Kungfu Boy


Kungfu Boy merupakan manga legendaris tahun 90-an karya Takeshi Maekawa. Komik ini bercerita tentang petualangan Chinmi menjadi ahli kungfu.

18. Dragon Ball


Dragon Ball merupakan manga karya Akira Toriyama yang terbit tahun 1984-1995. 42 buku komiknya terbit di Indonesia melalui Elex Media Komputindo. 

19. Doraemon


Doraemon merupakan manga karya Fujiko F. Fujio yang terbit sejak tahun 1969 hingga sekarang. Manga legendaris ini mempunyai sangat banyak fans fanatik di Indonesia dan animenya masih ditayangkan di TV sampai saat ini.

20. Kobo Chan


Kobo-Chan merupakan salah satu manga terpopuler di Indonesia pada tahun 90-an sejak diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Hingga saat ini, Kobo Chan diterbitkan ulang dengan berbagai cerita baru termasuk adaptasinya dalam serial Kariage Kun.

Scroll To Top