11 Fakta Tentang Matryoshka (Russian Dolls)

Kamu pasti dong guys boneka Matryoshka? Yup, itu adalah salah satu souvenir paling populer terkait dengan Rusia, perumpaan Indonesia dengan batiknya. Gitu lah kira-kira.

Nah, tapi tahukah kamu asal muasal tentang souvenir dari Rusia yang terkenal itu? Yuk, kita simak fakta tentang Matryoshka di bawah ini!


Boneka Matryoshka Berasal dari Jepang?


Really? Ya, pembuatan boneka Matryoshka terispirasi dari boneka Daruma yang berasal dari Jepang. Boneka ini adalah model dari pendiri Zen Budhism, dan melambangkan kemakmuran serta keberuntungan. Sedangkan desain dari boneka Daruma itu sendiri terinspirasi oleh boneka yang serupa dari Cina.


Kapan Matryoshka Pertama Kali Dibuat?


Well, pada tahun 1980, seorang pengrajin bernama Vasily Zvyozdochkin mengukir boneka Matryoshka pertama yang didesain oleh seorang pelukis bernama Sergey Maluytin. Mereka terinspirasi dari pameran seni Jepang yang menampilkan boneka Daruma.


Perbedaan Bagian Luar dan Dalam Matryoshka


Jadi guys, boneka bagian luar adalah seorang ibu yang mengenakan sarafan atau baju petani. Sedangkan boneka bagian dalam bisa laki-laki atau perempuan.


Penghargaan


Pada tahun 1900, boneka Matryoshka memenangkan medali perunggu pada Exposition Universelle (World Fair) di Perancis. Kemudian pembuatan boneka ini banyak ditiru seniman lain, hingga seperti yang kalian lihat sekarang ini. Boneka ini menjadi souvenir khas Rusia yang terkenal di dunia.


Dari Apa Matryoshka Dibuat?


Boneka Matryoshka biasanya dibuat dari cahaya, pohon birch, pohon alder, kapur, kayu balsa, dan aspen. 30.5% orang membutuhkan waktu dua tahun untuk menyembuhkan (mengeringkan) kayu sebelum dapat digunakan untuk membuat boneka lagi.
Jadi prosesnya memang lamaaaa banget ya, guys.


Berapa Banyak Kayu yang Digunakan?


Setiap satu set boneka Matryoshka terbuat dari sepotong kayu. Boneka terkecil dibuat pertama, kemudian menyusul yang besar.
Satu set boneka yang dijual biasanya memiliki sebanyak 20 buah boneka, dan boneka terkecil adalah ukuran Tic Tac.


Berapa Ukuran Matryoshka Terbesar?


Ukuran boneka Matryoshka terbesar adalah 27.5 inci dan berisi 70 buah boneka. Wah, banyak sekali ya guys? Mungkin kita bisa patungan beli bonekanya ya? Terus setelah sampai di rumah dibagi-bagi, kan lumayan kalau kita patungan sama 70 orang, jadi masing-masing orang dapat 1 boneka, ya kan?

Boneka ukuran ini dibuat oleh perusahaan Golden Cockerel Rusia, yang bonekanya ditunjukkan di mall di Hong Kong pada tahun 2010 lalu.
Kamu ada di Hong Kong nggak saat itu?


Matryoshka di Cina


Nah, ternyata di alun-alun kota Manzhouli, Cina ada patung Matryoshka setinggi 100 kaki, dan lebih dari 200 patung boneka tersebar di alun-alun, guys. Jadi kalau kalian kalian ingin foto dengan Matryoshka tidak perlu jauh-jauh ke Rusia, cukup pergi ke Cina saja. Tapi Cina juga jauh sih, uuuhhhh cape' deh.

Tapi perlu dicatat, boneka Matryoshka yang ada di Cina tidak terbuat dari kayu ya, karena mungkin kayunya bisa jamuran kalau kepanasan dan kehujanan terus setiap hari selama bertahun-tahun.


Matryoshka Bukan Babushka


Nah, banyak yang menyebut Matryoshka dengan "Babushka Dolls". Perlu dicatat, kalau sebutan ini salah guys. Kenapa? Karena dalam bahasa Rusia, Babushka berarti "Nenek" dan Matryoshka berarti "Ibu kecil"sebagai boneka dalam mewakili anak-anaknya.


Perkembangan Desain Matryoshka


Sekarang, boneka Matryoshka bukan hanya ibu-bu kecil, mereka dibuat dalam berbagai ukuran dan desain dari seluruh dunia. Dan boneka ini benar-benar keren dan mengagumkan. Saya bukan sales promosi ya guys, but I'm so serious about that. Matryoshka dolls so cool and awesome, I look it in the picture "Hahahaha"


Berapa Harga Matryoshka?


Well, saya tahu ini adalah pertanyaan yang sejak tadi kamu pendam, ya kan? Harga boneka Matryoshka tergantung di mana mereka dibuat, siapa yang membuat, teknik apa yang digunakan, dan berapa jumlah boneka di bagian dalam.

Satu set Matryoshka bisa dijual dengan harga $ 5.000+++
Bagaimana? Apa kamu tertarik untuk membelinya?

Oleh: Desy L

Scroll To Top