10 Video Game Paling Berpengaruh di Sepanjang Masa

Siapa yang ngga suka nge-game? Nge-game paling asik dimaenin saat waktu luang bareng teman-teman, keluarga atau ehm pacar. Sekarang kita bakal ngomongin sejarah game nih. Video game apa aja sih yang kemunculannya sangat mempengaruhi dunia game pada umumnya. Yuk kenalan satu-satu. Siapa tau kamu pernah maenin salah satu atau beberapa diantara mereka. Nostalgia dikit lah.

1. Everquest



Kalau kamu demen main game MMO atau Massively Multiplayer Online yang bisa dimaenin bareng banyak orang di seluruh dunia, game bikinan Sony ini bisa dibilang adalah nenek moyangnya.

2. Starcraft



Game ini adalah pelopornya game RTS (Real Time Strategy) untuk PC dengan jutaan penggemar di seluruh dunia. Industri PC gaming mungkin ngga akan bersaing dengan console gaming kalau ngga ada genre RTS, dan untuk itu pada Starcraft lah kamu harus berterimakasih.

3. Final Fantasy VII



Mungkin ini adalah seri Final Fantasy yang paling populer di zamannya. Didukung dengan grafis dan alur cerita yang sama baiknya, game ini begitu berkesan di hati para pemainnya. Tapi buat kamu yang pernah maenin game ini, aseli si Sephiroth itu penjahat paling gawat sepanjang masa ya?

4. Grand Theft Auto III



Mungkin inilah game paling dibenci para orang tua di seluruh dunia. Game ini jelas menampilkan adegan kriminal, seks dan kata-kata kotor secara eksplisit. Tapi tidak dipungkiri ini adalah game ‘sandbox’ tersukses yang pernah ada. Kenapa ya?

5. Halo



Halo layaknya penyelamat Microsoft dengan konsol Xbox nya. Sekarang kita punya Call Of Duty, namun bagaimana Halo menjadi pendahulu genre First Person Shooter dengan baik itu adalah hal yang layak diapresiasi.

6. Tetris



Jauh sebelum ada PSP dan Gameboy, apa game yang pernah kamu mainkan sambil jalan-jalan. Jawabannya pasti gamewatch (kita mengenalnya sebagai gimbot)! Dan game paling populer untuk gamewatch adalah Tetris! Sederhana tapi nagih banget, bahkan sampai sekarang. Ini juga jadi pelopor game puzzle sederhana yang bikin emosi.

7. Farmville



Ini adalah game terpopuler untuk “Facebook Gaming”. Percaya atau nggak, menurut statistik hampir semua orang yang punya Facebook pernah main game ini.

8. Legend Of Zelda



Game ini menggabungkan kompleksitas alur RPG dengan unsur-unsur game action dan adventure. Hal yang jarang dilakukan sebelumnya. Ga heran saat merilis game ini, Nintendo meraup banyak pundi uang. Legend Of Zelda pun menjelma menjadi sesuatu yang ikonik.

9. World Of Warcraft



Ngga adil kalau ngga masukin game dengan 10 juta pemain di seluruh dunia ini. Gameplay yang menawan serta komunitas sosial yang dibangun dalam game ini, membuatnya menjadi legenda hidup industri game.

10. Super Mario Bross



Nggak perlu banyak ngomong, siapa yang belum pernah maenin si tukang ledeng Italia ini? Sampai sekarang Nintendo masih membuat versi lanjutan dari permainannya, karena tentu saja ini game yang tidak akan pernah dilupakan oleh siapapun yang pernah mengenalnya.

Ditulis oleh: Satrio Rizki Dharma

Scroll To Top